Dark/Light Mode

Gantikan Tugas Menhub, Luhut Berikan Instruksi Penting Terkait Corona

Senin, 16 Maret 2020 19:14 WIB
Menteri Kemaritiman dan Investasi merangkap Menteri Perhubungan Ad Interim, Budi Karya Sumadi (Foto: Instagram)
Menteri Kemaritiman dan Investasi merangkap Menteri Perhubungan Ad Interim, Budi Karya Sumadi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan memberi arahan penting, untuk menjaga kebersihan transportasi dan memastikan arus logistik di dalam negeri tetap lancar. Terutama, di tengah maraknya wabah Corona.

Terkait hal ini, Juru Bicara Kementerian Adita Irawati menyampaikan sejumlah instruksi yang disampaikan Luhut, agar segera direalisasikan.

Baca juga : HCI Bantu Cari Solusi Penanganan Virus Corona

"Yang utama, individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi virus Covid-19, harus segera didata untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan. Selain itu, kami juga mensterilkan ruangan kerja di Kemenhub, agar segera dimulai selama dua hari ke depan," ungkap Adita dalam keterangan resminya, Senin (16/3).

Perjalanan dinas pejabat dan pegawai Kemenhub ke luar negeri, untuk sementara juga ditiadakan.

Baca juga : MPR: Langkah Presiden Berikan Kewenangan ke Daerah Terkait Corona Sudah Tepat

Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan  Dirjen Perkeretaapian juga diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik, antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari.  Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah.

Selain itu,  harus ada sosialisasi publik di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala Corona, dan imbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan. Serta imbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit.

Baca juga : Kerja Dari Rumah, Sri Mul Lahirkan Sejumlah Keputusan Penting Terkait Covid-19

"Instruksi terakhir, jajaran Kemenhub agar memastikan arus transportasi logistik tetap lancar utamanya untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin," jelas Adita.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim. Menggantikan Budi Karya Sumadi atau BKS, yang tengah dirawat karena positif Corona atau Covid-19. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.