Dark/Light Mode

TNI Kirim Hercules Ke China, Angkut Alkes Penanganan Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 15:29 WIB
Herkules TNI AU yang digunakan untuk menjemput alkes penangan corona di China. (Foto: ist)
Herkules TNI AU yang digunakan untuk menjemput alkes penangan corona di China. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siang tadi, pesawat hercules milik TNI Angkatan Udara take off menuju Shanghai, China untuk mengangkut alat kesehatan (alkes) untuk penanganan corona (Covid-19).

Dari rilis Dinas Penerangan Angkatan Udara (DISPENAU) yang diterima RMco.id, pesawat angkut berat jenis C130 Hercules diterbangkan ke Shanghai, China atas perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Kebijakan ini juga merujuk pada surat permohonan Menhan Prabowo Subianto.

Baca juga : Staf Wakil Presiden AS Mike Pence Kena Corona

"Untuk mengangkut logistik kesehatan yang telah dibeli oleh Pemerintah," bunyi keterangan tersebut.

Pesawat C130 Hercules itu berangkat dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Sabtu (21/3/2020). Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo. Pesawat lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB menuju Lanud RSA di Ranai Natuna. Adapun rute penerbangan adalah, Malang-Natuna-Hainan-Shanghai. 

Baca juga : Mendagri Minta Pemda Bendung Penyebaran Corona

"Setelah isi bahan bakar, tepat pukul 11.40 WIB take off dari Ranai melanjutkan penerbangan menuju China."

Ada 20 kru pesawat dan pendukung beserta 2 personel dari Kemhan turut serta dalam misi ini. A-1333 akan melakukan dua kali transit (short stop) di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar (refuel) sebelum mendarat di tujuan utama yaitu Bandara Pudong di Shanghai. 

Baca juga : China Akui Obat Flu Buatan Fujifilm Efektif Lawan Corona

Sedangkan logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah diperkirakan seberat kurang lebih 9 ton. Jika tidak ada halangan, diharapkan hari Senin Pesawat akan tiba di Tanah Air. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.