Dark/Light Mode

BI: Investor Global Masih Percaya Ke Indonesia

Kamis, 2 April 2020 14:58 WIB
Bank Indonesia. (Foto: net)
Bank Indonesia. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi corona (Covid-19), kepercayaan investor global terhadap Indonesia masih cukup kuat karena berbagai upaya yang dilakukan pemerintah menjaga perekonomian. Salah satunya stimulus fiskal.

“Komunikasi dengan investor global mencerminkan bahwa confident investor global terhadap Indonesia cukup kuat dengan berbagai komitmen, itu dilakukan dan melihat prospek ekonomi ke depan masih cukup baik,” ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo seperti dikutip Antara, di Jakarta, Kamis (2/4).

Baca juga : PSSI Tayangkan Video Ucapan Terima Kasih Pada Tim Medis Indonesia

Perry mengatakan, sejak Rabu (1/4), sudah melakukan telekonferensi dengan sejumlah investor global dan sejumlah lembaga pemeringkat. Kamis pagi, telekonferensi juga dilakukan dengan investor dari sejumlah negara di Asia dan Amerika Serikat dan sorenya akan dilanjutkan dengan para investor dari benua Eropa.

Komunikasi itu akan digunakan untuk memberikan penjelasan langsung dari BI termasuk penjelasan telekonferensi sebelumnya bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah.

Baca juga : Dubes Australia Gary Quinlan Minta Warganya Segera Tinggalkan Indonesia

Penjelasan itu salah satunya meliputi skenario pengandaian nilai tukar rupiah mencapai Rp 17 ribu per dolar AS untuk kategori berat atau Rp 20 ribu per dolar AS untuk sangat berat apabila tidak ada langkah bersama dilakukan dalam penanganan corona. “Kemarin itu bergulir di global dan nasional, seolah-olah nilai tukar rupiah akan 17 ribu atau bahkan 20 ribu per dolar AS, itu adalah what if scenario kalau tidak melakukan langkah bersama,” katanya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.