Dark/Light Mode

Jokowi: Terima Kasih Atas Berbagai Aksi Solidaritas Ormas Islam

Selasa, 19 Mei 2020 16:00 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Twitter @jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Twitter @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang muncul dari ormas-ormas Islam dan inisiatif yang muncul dari masing-masing umat. Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/5).

“Termasuk pemanfaatan zakat, pemanfaatan infak, pemanfaatan shadaqah untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari Covid-19,” tutur Jokowi seperti dikutip setkab.go.id.

Baca juga : Jokowi: Terima Kasih MUI, PBNU, Muhammadiyah dan Ormas Islam Lainnya

Kepala Negara berharap, aksi solidaritas ini bisa terus berlanjut, bisa meluas lebih besar lagi. Sehingga menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban bagi yang membutuhkan.

Presiden juga meminta agar dalam penerapan protokol kesehatan maupun aturan-aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) betul-betul dijelaskan, diberikan pemahaman, disosialisasikan. Sebab, Pemerintah tidak melarang untuk beribadah. “Justru pemerintah melalui Kementerian Agama mendorong agar setiap umat beragama meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya masing-masing,” ungkap Presiden.

Baca juga : Karena Usia, Pak Kiai Di Rumah Saja

Yang diimbau dan diatur, menurut Presiden, adalah peribadatan yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. “Dan anjuran beribadah di rumah yang bisa dilakukan bersama-sama. Ini saya kira juga sudah sering kita sampaikan,” pungkas Presiden akhiri pengantarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.