Dark/Light Mode

Jokowi Minta Para Menteri Antisipasi Krisis Pangan Akibat Corona

Selasa, 21 April 2020 13:28 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: ist)
Presiden Jokowi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mewanti-wanti agar jajarannya berhati-hati dalam mengantisipasi kebutuhan bahan pokok. Merujuk Badan Pangan Dunia (FAO), Jokowi mengatakan pandemi corona (Covid-19) bisa mengakibatkan krisis pangan dunia.

"Ini hati-hati," ingat Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) Antisipasi Kebutuhan Bahan Pokok, lewat telekonferensi dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (21/4).

Baca juga : Erdogan Batasi Oposisi Turki Bantu Penanganan Corona

Kepala Negara menambahkan, saat ini setiap negara, terutama negara-negara produsen beras akan lebih memprioritaskan kebutuhan dalam negeri masing-masing. Selain itu, rantai pasok pangan juga akan terganggu oleh kebijakan lockdown oleh sejumlah negara.

"Oleh sebab itu saya ingin menekankan yang pertama, pastikan ketersediaan bahan pokok," tegas Jokowi.

Baca juga : Komite II DPD Ajak Masyarakat Bersatu Atasi Wabah Corona

Presiden meminta para pembantunya untuk menghitung betul berapa perkiraan produksi beras pasa saat memasuki musim kemarau. Kemudian, cadangan beras juga harus dikalkukasi akan cukup sampai berapa lama.

"Tolong dikalkulasi yang cermat, berdasarkan data empiris," imbaunya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.