Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunker Ke Karanganyar, Menteri LHK Cek RHL Di Hulu DAS

Sabtu, 11 Juli 2020 22:36 WIB
Menteri LHK ,Siti Nurbaya melakukan kunker  di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (11/07).
Menteri LHK ,Siti Nurbaya melakukan kunker di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (11/07).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus melakukan kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) khususnya di kawasan hulu.

Dalam rangka peninjauan dan supervisi pelaksanaan RHL di lapangan, Menteri LHK, Siti Nurbaya melakukan kunjungan kerja di wilayah kerja Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Solo, di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (11/07). 

Siti datang didampingi Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, Plt Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (DASHL), Hudoyo, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL), Bambang Supriyanto, Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Agus Justianto, Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Pangan, Apik Karyana, dan Staf Khusus Menteri Bidang Konstitusional Masyarakat dan Kemitraan, Kelik Wirawan dan anggota Komisi IV DPR, Luluk Nur Hamidah.

Baca juga : Menteri LHK Cek Rehabilitasi Hutan dan Lahan Di Majalengka

"Kami melakukan kunjungan kerja ini untuk meyakinkan kerja lapangan dilakukan dengan baik oleh jajaran teknis. Dimulai minggu lalu, ke Majalengka Jawa Barat, pekan ini di Jawa Tengah, dan rencananya minggu depan ke Jawa Timur," tuturnya.

Titik pertama yang dikunjungi yaitu bangunan Konservasi Tanah dan Air (KTA) berupa Dam Penahan (DPn) di Desa Plumbon Karanganyar, termasuk wilayah sub DAS Samin. 

Bangunan KTA berfungsi sebagai penahan sedimen dan aliran air permukaan. Di lokasi ini, Siti dan rombongan juga meninjau pemeliharaan Tanaman RHL tahun-1 pada petak 47-1 seluas 9,81 ha, yang merupakan bagian dari RHL tahun 2019 seluas 750 Ha di Kabupaten Karanganyar. 

Baca juga : Korni: Kemarahan Jokowi Jadi Cambuk Bagi Menteri Kerek Kinerja

Siti mengatakan, RHL dilakukan dengan langkah vegetatif atau penanaman, dan pembuatan bangunan KTA. 

Untuk Karanganyar, kegiatan RHL dilakukan guna menyelamatkan sumber daya air, dan menjaga sumber mata air di hulu.

"Guna mendorong masyarakat untuk menanam pohon, saya menugaskan Dirjen PDASHL menambah jumlah dan kapasitas kebun bibit yang ada sebesar 5 kali lipat. Untuk menyelamatkan kawasan hutan serta menjaga mata air dan waduk perlu didukung kebun bibit yang besar," kata Siti, saat meninjau Bukit Sakura Gunung Lawu (Sakral).

Baca juga : Kemarau Datang, Menteri LHK Waspadai Framing Karhutla

Sakral merupakan destinasi wisata keluarga dengan konsep harmoni Alam Gunung Lawu yang dipadukan dengan nuansa Jepang berupa mekarnya bunga Sakura.

Pembangunan Sakral ini merupakan bagian dari program Toyota Forest, yang dalam proses persiapannya, serangkaian kajian riset telah dilakukan dengan melibatkan Balitek DAS Solo, Perum Perhutani KPH Surakarta, Kebun Raya Cibodas-LIPI dan Fakultas MIPA-Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Selanjutnya, Siti melanjutkan kunkernya ke TWA Grojogan Sewu, guna memastikan penerapan protokol standar pencegahan Covid-19 di kawasan wisata alam. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.