Dark/Light Mode

Tindaklanjuti Arahan Presiden

Ketum TP-PKK Gandeng Mendagri dan Mendes PDTT Sosialisasikan Pentingnya Pakai Masker

Selasa, 4 Agustus 2020 15:16 WIB
Pertemuan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian dengan Mendagri Tito Karnavian dan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, di Kantor Mendes PDTT, Jakarta, Selasa (4/8). (Foto: Dok. Kemendagri)
Pertemuan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian dengan Mendagri Tito Karnavian dan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, di Kantor Mendes PDTT, Jakarta, Selasa (4/8). (Foto: Dok. Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, menggandeng Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan dan penggunaan masker. Hal itu dilakukan dengan melakukan kunjungan ke Kantor Mendes.

“Hari ini kita spesifik membicarakan juga tentang membangun dan menggelorakan desa aman Covid-19 yang sebetulnya sudah sporadis dilaksanakan juga, dan ada juga yang sudah terstruktur dilaksanakan oleh Bapak Mendes, kita membuat basis pertahanan Covid itu di desa-desa dan kampung-kampung gitu,” kata Tito Karnavian, usai melakukan pertemuan di Kantor Kemendes, Jakarta, Selasa (4/8).

Selain dukungan regulasi melalui surat edaran dan arahan kepada kepala daerah, Mendagri juga berkoordinasi untuk pembagian masker dan kewajiban penggunaannya. “Salah satu item dari desa atau kampung aman Covid-19 itu di antaranya adalah masalah pemakaian masker, kewajiban masyarakat di kampung (atau) desa itu untuk menggunakan masker, ada program-program pembagian masker, ada program sosialisasi bagaimana menggunakan masker yang benar,” ujar Ketua Pembina TP-PKK Pusat ini.

Baca juga : Malaysia Wajibkan Warganya Pakai Masker

Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, menyadari masih adanya masyarakat yang belum memahami pentingnya penggunaan masker. Oleh karenanya, ia bersyukur dipercayakan Presiden untuk turut serta berperan menyosialisasikan protokol kesehatan hingga ke tingkat desa.

“Saya sebagai Ketua Umum Tim Penggerak PKK sangat bersyukur bahwa Bapak Presiden mempercayakan kami para kader PKK dari seluruh indonesia untuk ikut mensosialisasikan pemakaian masker. Nanti para kader-kader kami akan melakukannya door to door. Tidak hanya membagikan masker tapi juga mensosialisasikan bagaimana pemakaian masker yang benar dan apa gunanya masker tersebut,” katanya.

Ditambahkan Tri, program kesehatan merupakan bagian dari salah satu program kesehatan. Program pembagian masker akan menjadi salah satu program kesehatan yang mendukung pemutusan penularan Covid-19.

Baca juga : PLN Perlu Gencar Sosialisasi Biar Warga Tak Salah Paham

“Kegiatan ini akan dilakukan jaringan PKK di seluruh Indonesia, yang Tim Penggerak PKK ini adalah salah satu unsur di pemerintahan provinsi, kabupaten/kota dan sampai ke desa, kader PKK kami sebetulnya sudah bergerak melakukan kegiatan ini karena kesehatan termasuk dalam program 10 pokok program PKK. Namun, saat pandemi Covid-19 ini kegiatan, pembagian masker dikhususkan, dimasifkan adalah salah satu untuk mendukung pemutusan penularan Covid-19. Terima kasih kepada Bapak Menteri Desa beserta Bapak Mendagri yang sudah mengikut sertakan kami melaksanakan kegiatan ini dan juga mendukung seluruh kegiatan kami,” ucapnya.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, program sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker akan didukung oleh penggunaan dana desa di bawah koordinasi Ketua Umum Tim Penggerak PKK. “Terkait dengan Covid-19, desa tanggap Covid atau desa aman Covid-19 sesuai dengan instruksi atau arahan Bapak Presiden kita juga akan melakukan gerakan masif melalui dana desa untuk pengadaan masker yang produksinya dilakukan oleh desa tetapi sosialisasi dan penyerahan masker dari rumah ke rumah dilakukan oleh ibu-ibu PKK di bawah koordinasi Ibu Ketua Umum Tim Penggerak PKK,” kata Abdul Halim.

“Ini bagian dari upaya untuk  pelaksanaan protokol kesehatan yang pada intinya ada 4. Pertama penggunaan masker, kedua cuci tangan, ketiga jaga jarak, keempat menghindari kerumunan. Nah, Bapak Presiden menginstruksikan agar fokus tahap pertama ini masker,” tambahnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.