Dark/Light Mode

Sukseskan Piala Dunia U-20

Dikawal Koster, Basuki Cek Stadion I Wayan Dipta Bali

Kamis, 6 Agustus 2020 21:41 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) didampingi Gubernur Bali, I Wayan Koster Itengah) meninjau persiapan renovasi Stadion I Wayan Dipta di Bali, Kamis (6/08).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) didampingi Gubernur Bali, I Wayan Koster Itengah) meninjau persiapan renovasi Stadion I Wayan Dipta di Bali, Kamis (6/08).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sukses di Asian Games ke-18, Kementerian PUPR kembali mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-21 2021. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama rombongan meninjau persiapan renovasi Stadion I Wayan Dipta Bali, pada Kamis (6/08). Di sana, Basuki didampingi Gubernur Bali, I Wayan Koster melihat langsung kondisi stadion. Ia ingin memastikan secara detail kesiapan sarana dan prasarana, terutama stadion dan lapangan sepakbola, sesuai arahan Presiden Jokowi. 

"Stadion I Wayan Dipta ini paling besar dari stadion lainnya yang telah ditetapkan FIFA yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-20 2021. Saya ingin melihat apa yang akan perlu diperbaiki, karena kalau pertandingannya pada Mei 2021, maka Maret harus sudah selesai. Akan kita lelangkan pekerjaannya pertengahan Agustus 2020 dan langsung kita kerjakan," kata Basuki. 

Baca juga : Persiapan Piala Dunia U-20, Kemenpora Sawer PSSI Rp 50,6 Miliar

Pria jebolan UGM ini menyatakan, renovasi yang akan dilakukan termasuk perbaikan mayor yang mencakup pekerjaan rehabilitasi struktur, arsitektur, Mechanical Electrical Plumbing (MEP), perbaikan lapangan, perbaikan pencahayaan, perbaikan kursi dan papan skor (scooring board), serta penataan kawasan termasuk penataan parkir.

"Rumput akan kita ganti seperti di Stadion GBK, drainase di pinggir lapangan akan diperbaiki termasuk lintasan lari. Untuk pencahayaan juga masih kurang karena ada syarat minimum dari FIFA, seperti di Stadion Manahan dan kursi penonton. Kemudian di dalam untuk pemain akan dibuatkan seperti ruang ganti, toilet, semua juga harus ada standarnya seperti di GBK," ujarnya.

Selain Stadion I Wayan Dipta, Kementerian PUPR juga akan merenovasi empat lapangan latihan sepakbola yang ada di Bali. Yakni Stadion I Gusti Ngurah Rai, Lapangan Latihan Trisakti, Lapangan Latihan Gelora Samudra Kuta, dan Stadion Kompyang Sujana. 

Baca juga : Piala Dunia U-20, Menpora Ingin Sukses Prestasi, Administrasi dan Penyelenggaraan

Diketahui, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) pada 18 Januari 2020 telah menetapkan enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-20 2021 dari 10 stadion yang diusulkan oleh Pemerintah Indonesia. 

Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama GBK di Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Bung Tomo di Surabaya dan Stadion I Wayan Dipta di Bali.

Di samping itu ada empat stadion lain yang disiapkan sebagai cadangan yaitu Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang dan Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung.  Masing-masing stadion akan didampingi dengan lima lapangan latihan dengan ketentuan empat lapangan terbuka dan satu lapangan tertutup. [NOV]

Baca juga : Piala Dunia U-20, GBK Arena Jadi Kantor INAFOC


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.