Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenko Marves Kawal Persiapan MotoGP Mandalika 2021

Kamis, 29 Oktober 2020 06:57 WIB
Deputi Bidang Parekraf Kemenko Marves, Odo RM. Manuhutu (Kedua kiri) meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. (Foto: ist)
Deputi Bidang Parekraf Kemenko Marves, Odo RM. Manuhutu (Kedua kiri) meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) ikut mengawal persiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP Mandalika 2021. Terutama detail pembangunan fasilitas penunjang hingga penguatan sumber daya manusia (SDM).

Kemenko Marves melalui Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggelar tinjauan lapangan dan rapat koordinasi pada Rabu dan Kamis (21- 22 Oktober 2020) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Deputi Bidang Parekraf Kemenko Marves, Odo RM. Manuhutu mengatakan ajang MotoGP yang akan dilaksanakan pada Oktober 2021 itu diproyeksikan akan meningkatkan jumlah kunjungan secara signifikan. Oleh karena itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus mengawal kesiapan Mandalika serta menjamin pengalaman berwisata yang lebih baik.

Baca juga : Kemenpora Kawal Penggunaan Dana Pelatnas Cabor

“Saat ini pemerintah tengah mempersiapkan segala fasilitas penunjang aktivitas pariwisata di Nusa Tenggara Barat, mencakup aspek aksesibilitas, amenitas, dan atraksi. Adapun acara internasional MotoGP akan menjadi atraksi unggulan di Mandalika,” papar Deputi Odo dalam Rapat Koordinasi Pengembangan DPSP Mandalika dan Persiapan MotoGP 2021.

Di aspek aksesibilitas, pemerintah melakukan pengembangan Bandara Internasional Lombok dan Pelabuhan Gilimas selaku pintu masuk utama wisatawan dan logistik balap. Fasilitas kesehatan juga tengah dipersiapkan dalam rangka peningkaan aspek safety dan security di Mandalika.

Pelatihan SDM juga akan digencarkan untuk penguatan SDM pariwisata yang memiliki daya saing, dimana saat ini Provinsi NTB telah memiliki tujuh sekolah tinggi pariwisata serta 21 SMK pariwisata.

Baca juga : KPK Masih Bahas Peralihan Status Pegawai Jadi ASN

Deputi Odo menekankan pentingnya sinergi setiap pemangku kepentingan dalam pembangunan Mandalika. “Pembangunan memang tidak bisa dilakukan secara parsial, karena satu daerah dengan daerah di sekitarnya pasti memiliki keterkaitan. Semakin banyak masing-masing dari kita mau berperan aktif, maka akan semakin cepat juga kita dapat mewujudkan destinasi berkualitas di Mandalika,” tambahnya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan pihaknya sangat berharap agar kegiataan ini memiliki hasil yang menggembirakan, sebab pemerintah dan masyarakat sama-sama menginginkan pembangunan yang berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat. “Mudah-mudahan rapat koordinasi ini berbuah manis bagi kita semua. Saya kira kita semua on the right track walaupun ada hal-hal yang masih kurang kita koordinasikan agar menemukan solusi yang terbaik,” ujar Gubernur Zulkieflimansyah. 

Rapat koordinasi ini juga turut membahas langkah-langkah antisipasi bagi masyarakat yang terdampak pengembangan kawasan, yakni melalui penyediaan relokasi tempat tinggal pada lahan sebesar dua hektar, serta 115 titik Swadaya Pengembangan Sarana Hunian Pariwisata (SARHUNTA). 

Baca juga : Kemenpora Bakal Kawal Pengelolaan Anggaran Pelatnas Dari APBN

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini adalah Bupati Lombok Tengah, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah II Kementerian PUPR, Direktur Teknik PT. Angkasa Pura I, General Manager PT Angkasa Pura I NTB, Kepala Dinas Perhubungan NTB, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi NTB, Kepala Dinas Parisiwata dan Kebudayaan Lombok Tengah, Perwakilan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), ITDC, PT Telkom, PLN dan jajaran pemerintah daerah Provinsi NTB. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.