Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liburan Nataru Di Rumah Saja

Hindari Virus Corona Dan Cuaca Ekstrem

Kamis, 10 Desember 2020 08:30 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Foto: BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat mengisi libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di rumah saja. Tanpa jalan-jalan dan bepergian. Hal itu untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

“Satgas Penanganan Covid-19 mengajak liburan aman dan nyaman tanpa jalan-jalan,” katanya dalam video yang diterima wartawan, kemarin.

Menurutnya, liburan di rumah saja dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Selian itu, kondisi cuaca menjadi pertimbangan selama libur akhir tahun. Cuaca ekstrem, hujan lebat, dan banjir juga longsor sedang melanda di sejumlah daerah di Indonesia.

Baca juga : Liburan Nataru Di Rumah Aja, Jangan Keluar Dan Tertular

“Kita lihat perkembangan cuaca pada tiga minggu mendatang. Cuaca ekstrem hampir melanda di seluruh wilayah nasional sesuai informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Mohon ini jadi informasi agar kita betul-betul bisa mematuhi bersama-sama,” ujar Doni.

Senada, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat belajar dari pengalaman masa libur panjang pada bulan-bulan sebelumnya di masa pandemi Covid-19.

Seperti pada periode libur panjang Idul Fitri dan Idul Adha, perayaan HUT RI dan juga libur panjang akhir Oktober dan awal November.

Baca juga : Libur Nataru, Doni Ajak Warga Di Rumah Saja

“Dari data yang kami peroleh, terdapat peningkatan kasus positif usai liburan panjang tersebut,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi curah hujan tinggi yang akan terjadi pada momen libur Nataru.

“Prakiraan curah hujan bulanan tahun 2020 dan 2021, khususnya untuk Nataru ini di bulan Desember hingga Januari. Curah hujan akan mencapai lebih dari 300 milimeter, artinya curah hujan tinggi,” kata Dwikorita dalam Rapat Kerja Komisi V DPR dengan Pemerintah membahas Libur Nataru 2020-2021 di tengah Pandemi Covid-19, Rabu (25/11).

Baca juga : Corona Makin Serem

Potensi curah hujan tinggi, diperkirakan akan terjadi di sejumlah daerah. Mulai dari pesisir barat Sumatera, sebagian besar Jawa, Bali, sebagian Nusa Tenggara Barat dan sebagian Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya, Kalimantan bagian barat dan tengah, Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan Papua. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.