Dark/Light Mode

Cari Pesawat Sriwijaya Air Yang Hilang Kontak, Kemenhub Kerahkan 7 Kapal Patroli KPLP

Sabtu, 9 Januari 2021 21:14 WIB
Konferensi pers pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak yang diselenggatakan Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lainnya di Bandara Sokarno Hatta, Sabtu (9/1). (Foto: Kemenhub)
Konferensi pers pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak yang diselenggatakan Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lainnya di Bandara Sokarno Hatta, Sabtu (9/1). (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan 7 (tujuh) kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJY -182 rute Jakarta - Pontianak, yang dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (9/1) siang.

Ketujuh kapal tersebut 5 unit diantaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok yaitu KN. Trisula P-111 yang saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu, KN. Alugara P-114, KN. Celurit P-203, KN. Belati P. 205. Selain itu, RIB SAR PLP Tanjung Priok juga disiagakan.

Berita Terkait : Bamsoet Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

Adapun Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kepulauan Seribu mengerahkan 2 kapal patroli yaitu KN.355 dan V.S054 yang akan berangkat besok pagi.

Direktur KPLP, Ahmad menjelaskan bahwa kapal-kapal patroli KPLP siap siaga dan segera bergabung dengan tim SAR di bawah komando Basarnas untuk melakukan pertolongan dan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Berita Terkait : Cari Pesawat Sriwijaya, 4 Kapal Basarnas Sudah Di Perairan Kepulauan Seribu

Sementara itu, nakhoda kapal Trisula, Eko Surya mengatakan bahwa kapal Trisula telah menemukan benda-benda yang diduga milik Sriwijaya Air. "Hingga saat ini, kapal Patroli Trisula masih berada di lokasi untuk terus melakukan pencarian dan pertolongan," jelas Eko. [SRI]