Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Waspadai Virus B117, Ganjar Perpanjang PPKM Mikro

Sabtu, 6 Maret 2021 13:35 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk 14 hari ke depan.

"PPKM Jateng akan berakhir pada 8 Maret 2021, dan akan diperpanjang untuk 14 hari ke depan. Sejauh ini perkembangannya bagus," kata Ganjar usai menghadiri peresmian Sentra Kreasi Atensi (SKA) di Balai Besar Disabilitas Kartinidi KabupatenTemanggung, Jumat (5/3).

Ia menyebut, zona Corona di Jateng untuk per kabupaten telah oranye, sedangkan per kecamatan ada empat yang merah. Namun, dilihat per desa telah menguning dan hijau.

Baca juga : Hari Ini, Polda Metro Buka Layanan Perpanjang SIM Di 5 Lokasi

"Warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Tidak boleh sembrono dan tetap hati-hati. Warga yang terjadwal vaksinasi untuk segera disuntik," kata Ganjar dikutip Gesuri.id.

Terkait varian virus Corona baru B117 dari Inggris di Brebes, Ganjar mengatakan, kini sudah dilakukan tracing. Sedikitnya, kini ada 12 orang yang diambil sampelnya untuk dibawa ke Jakarta.

Tracing pertama, ada delapan orang dan selanjutnya pada Jumat 12 orang. “Kami tidak mau ambil risiko, kami lakukan pengetesan dan penelusuran pada yang kontak untuk dilakukan tes usap," katanya.

Baca juga : Lagi, DKI Perpanjang PSBB Hingga 8 Maret

Ganjar mengaku, selama ini warganya sudah melakukan sesuai prosedur, yakni menjalani isolasi atau karantina selama lima hari begitu masuk tanah air, karena tidak ditemukan gejala lalu dibolehkan pulang.

"Kami tidak mau ambil risiko, siapa yang ketemu dites, semoga dalam beberapa hari ini sudah keluar hasilnya," katanya.

Ia mengatakan, TKI dan rekannya yang menjalani kontak erat saat ini menjalani isolasi mandiri. Dirinya, telah mengusulkan pada pemkab setempat untuk membawa ke tepat isolasi yang terpusat, agar lebih nyaman dan enak sambil menunggu hasil dari Jakarta.

Baca juga : Layanan Perpanjang SIM Di Jakarta Hadir Di 5 Lokasi

Ganjar berharap ada kebijakan secara nasional terkait TKI yang pulang. Dicek betul-betul dan dilakukan testing. Seandainya, bertemu yang lain cepat-cepat dilakukan tracing."Jadi mudah-mudahan dapat mengecek pintu-puntu masuk Tanah Air secara ketat," kata dia. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.