Dark/Light Mode

Menaker Ida Fauziyah Buka Program Pelatihan Kerja Di Solo

Kamis, 11 Maret 2021 08:01 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Dr Dra Hj Ida Fauziyah, MSi (kanan), ditemani Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah).
Menteri Ketenagakerjaan Dr Dra Hj Ida Fauziyah, MSi (kanan), ditemani Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan I di Balai Latihan Kerja (BLK) Solo, Jawa Tengah, resmi dibuka pada Rabu (10/3). Acara ini dibuka oleh Menteri Ketenagakerjaan Dr Dra Hj Ida Fauziyah, MSi, ditemani Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Ida menyatakan, BLK harus menjadi titik kumpul antara kebutuhan industri dan dunia usaha. BLK juga harus menjadi rumah yang nyaman bagi kepentingan dunia industri dan dunia usaha. Keduanya memiliki peranan penting, karena saling mendukung satu sama lain. "Dunia usaha, dunia industri butuh kita untuk kompetensinya," kata politisi PKB itu.

Baca juga : Hari Ini, Polda Metro Buka Layanan SIM Keliling Di 2 Lokasi

Dia juga mengingatkan, BLK tidak boleh hanya melahirkan pengangguran baru. Mengingat banyaknya pengangguran yang didominasi lulusan perguruan tinggi. "Saya tidak ingin BLK menyumbangkan pengangguran baru. Karenanya, betapa pentingnya mendekatkan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri," ujar doktor bidang Ilmu Pemerintahan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Ida mendesak BLK menjalankan agenda 6R dengan baik. Yakni reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, revolusi SDM, reviltasisasi fasilitas dan sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship. "Mau tidak mau kita harus berubah, mengikuti kebutuhan masyarakat dan kebutuhan industri," ungkap mantan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa RI itu.

Baca juga : Hari Ini, Replika Grand Mosque Abu Dhabi Mulai Dibangun Di Solo

Selain membuka PBK I, pada kesempatan ini, Ida bersama Gibran juga menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kemnaker dengan 15 lembaga dan perusahaan, serta meresmikan Lobby dan Talent Corner BLK Surakarta. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.