Dark/Light Mode

Percepatan Pemulihan Sektor Pariwisata

Sandiaga Targetkan Vaksinasi Di Bali Tuntas Juli 2021

Rabu, 17 Maret 2021 20:40 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, bahwa Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menargetkan setidaknya 2 juta masyarakat Bali sudah menjalani vaksinasi covid-19 hingga Juli.

Kabar itu disampaikan Sandiaga dalam rapat bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati bersama Kepala Dinas Parekraf Bali, Putu Astawa serta pengurus Bali Tourism Board (BTB) di Bali, Senin (15/3). "Alhamdulillah kesiapan dari dosis vaksin ini sekarang sudah lebih tersedia dan sekarang yang perlu disiapkan adalah vaksinatornya. Kami tadi berbicara dengan Universitas Udayana, juga dari Kodam dan Polda untuk menyiapkan tambahan vaksinator," jelas Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (16/3). 

Baca juga : KPCPEN: Demi Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Siapkan Lima Strategi Bantu UMKM

Sandiaga mengatakan, Bali menjadi wilayah yang diprioritaskan dalam program vaksinasi covid-19 oleh pemerintah. Lewat layanan kesehatan itu, dirinya berharap dapat menjadi angin segar dalam percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional. "Ini akan memulai harapan atau menebar semangat baru bahwa Bali is Back. Dan Bali sebagai ikon pariwisata adalah sebagai semangat kita untuk membangkitkan ekonomi," tutur Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sejurus dengan target vaksinasi yang disampaikan Luhut, area green zone di Bali yang dipaparkan Sandiaga tidak hanya terbatas di Nusa Dua dan Ubud. Bakal meliputi Sahur, Nusa Penida dan destinasi lainnya untuk pembukaan wisata, dengan menyaratkan warga di wilayah itu sudah divaksin. 

Baca juga : Pemulihan Industri Pariwisata, tiket.com Gencarkan Wisata Lokal

"Saat Bapak Presiden (Joko Widodo) datang (ke Bali), merupakan bukti kongkrit bahwa pemerintah pusat sangat concern (perhatian) akan tekanan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Bali," ucap Sandiaga. 

Selain itu, Menparekraf juga menyebut, sebanyak 177 desa wisata yang masuk dalam program padat karya dapat menjadi desa wisata berkelanjutan dan desa wisata sehat, dengan mengharuskan warga setempat telah menjalani vaksin Covid-19. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.