Dark/Light Mode

Bangkitkan Parekraf Di Manado

Sandiaga Bakal Bangun Pusat Kreatif Di Bandara Sam Ratulangi

Minggu, 7 Maret 2021 13:12 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bakal membuat Creative Hub (pusat kreatif) di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Pusat kreatif tersebut nantinya bakal menjadi etalase UMKM terbaik di Sulawesi Utara.

"Pak Bupati minta ada kolintang (alat musik tradisional asal Sulawesi Utara), yang sebentar lagi akan diakui UNESCO, juga produk-produk UMKM lainnya. Nanti ada dua panggung dan area UMKM. Jadi nanti seperti di airport di Bali, dimana setiap penumpang yang tiba dan berangkat akan dapat melihat karya-karya terbaik Sulawesi Utara," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu (7/3).

Baca juga : Tahun Ini, Sektor Parekraf Diramal Bangkit Di Kuartal III

Tak hanya menyediakan tempat dengan ruang-ruang untuk bekerja bagi komunitas kreatif, Sandiaga juga ingin pelaku UMKM di Sulawesi Utara segera terdigitalisasi. "Kami akan on boarding digitalisasi juga, tidak hanya di showroom saja tapi juga masuk ke market place dengan QR Code," ujarnya.

Melalui proyek pengembangan bandara Sam Ratulangi, sektor pariwisata Sulawesi Utara berbenah. Sandiaga mentargekan 500 ribu wisatawan datang ke Sulawesi Utara setelah pandemi covid-19 berakhir.

Baca juga : Bamsoet Bersama Gerak BS Bantu Korban Banjir Jakarta Selatan

"Tahun ini karena ada realokasi penanganan Covid-19, kami upayakan agar anggaran tersebut dapat tetap dilaksanakan, khususnya agar destinasi prioritas pariwisata ini bisa tepat waktu sesuai arahan bapak Presiden," imbuhnya.

Dia menegaskan, langkah yang diambil tersebut adalah upaya pihaknya  bila pandemi Covid-19 sudah berakhir. Sebab, Sandi tak ingin pariwisata Indonesia tertinggal saat sektor lain sudah tancaap gas. "Saya targetkan 500 ribu wisawatan datang," sambung Sandiaga.

Baca juga : Menteri KKP Serahkan Bantuan Cold Storage

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara Praseno Hadi mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat melalui Kemenparekraf terhadap pemulihan ekonomi di Sulawesi Utara. "Terima kasih motivasinya, kami sangat merindukan Bapak Menteri untuk mendorong pariwisata di Sulawesi Utara khususnya di Minahasa Utara," ujar Praseno Hadi. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.