Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bakal Sambangi Mandalika Dan Jakarta

Sandiaga Ngarep Mandalika Lulus Inspeksi Dorna

Selasa, 6 April 2021 19:30 WIB
Ilustrasi (Foto Istimewa)
Ilustrasi (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, penyelenggara balapan MotoGP, Dorna Sport, dijadwalkan datang ke Indonesia pada Selasa (6/4) hingga Rabu (7/4). 

Kedatangan Dorna, ucapnya, untuk mengecek langsung kesiapan akhir Sirkuit Internasional Mandalika di Nusa Tenggara Barat. "Untuk MotoGP, kami menunggu kepastian. Dorna sebagai penyelenggara MotoGP akan mengunjungi Jakarta dan Mandalika," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (5/4).

Baca juga : Dilantik Jadi Mendagri AS, Wanita Suku Indian Deb Haaland Pakai Mocassin

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan berbagai hal untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP 2021. Baik dari segi infrastruktur maupun produk-produk ekonomi kreatif yang akan dipasarkan saat ajang internasional itu digelar di Mandalika.

"Pada intinya kami menyiapkan infrastruktur, baik itu sirkuitnya, tempat yang diperlukan untuk menampung para racer (pembalap) dan juga persiapan (pengembangan) Airport (Lombok) sudah hampir 90%, sampai ke produk ekonomi kreatif hingga desa wisata di sekitar Mandalika," terang Sandiaga. 

Baca juga : BUMN Karya Ngantre Kucuran Investasi INA

Secara umum, Menparekraf mengaku kesiapan pemerintah dalam menyelenggarakan MotoGP sudah mencapai 70%. Sandiaga berharap kedatangan Dorna bisa memastikan kelancaran penyelenggaraan event tersebut. 

"Keputusan yang diambil Dorna akan memantapkan kita melangkah kedepan (untuk MotoGP) di Mandalika," pungkasnya. Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Sirkuit Mandalika akan rampung pada Juli ini. 

Baca juga : Sandiaga Ngebet Garap Wisatawan Nusantara

Pembangunan Sirkuitnya Mandalika dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). Trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu telah masuk dalam kalender provisional MotoGP 2021. Adapun, alokasi anggaran untuk proyek tersebut mencapai Rp 1,7 trilliun. 

"Untuk perkembangan Mandalika kami monitor secara detail. Kalau untuk sirkuitnya dan kemudian infrastruktur di luarnya termasuk akses Bandara ke Mandalika akan selesai semua di Juli," ujar Basuki dalam keterangan resminya, kemarin. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.