Dark/Light Mode

Pesan Menkes Untuk Kepala Daerah

Sebulan Ini, Tolong Genjot Vaksinasi Covid Untuk Lansia

Minggu, 18 April 2021 15:29 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers pasca kedatangan vaksin Covid dalam bentuk bulk, Minggu (18/4). (Foto: Setkab)
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers pasca kedatangan vaksin Covid dalam bentuk bulk, Minggu (18/4). (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) meminta, pemerintah daerah untuk terus menjalankan program vaksinasi yang telah digulirkan pemerintah, termasuk di bulan Ramadan ini. 

Hal tersebut disampaikan BGS dalam keterangan pers menyambut kedatangan 6 juta vaksin Covid dalam bentuk bahan baku (bulk), di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4).

“Pesan saya kepada seluruh teman-teman di daerah, kepala daerah (gubernur, bupati, dan wali kota), terus jalankan program vaksinasi, Majelis Ulama Indonesia sudah bilang bahwa selama bulan puasa vaksinasi tidak membatalkan puasa, jadi terus dijalankan,” ujarnya.

Baca juga : Perlukah Tes Serologi Untuk Uji Antibodi Usai Vaksinasi Covid-19? Ini Kata Ahli...

Menkes juga mengingatkan pemerintah daerah, untuk memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi Covid bagi penduduk lansia umur 60 tahun ke atas, yang memiliki tingkat kerentanan tinggi jika terpapar Corona.

Dengan kedatangan vaksin tahap ke-8 ini, Indonesia telah menerima 59,5 bahan baku vaksin dari Sinovac, yang kemudian diproses lebih lanjut oleh BUMN Bio Farma menjadi vaksin jadi.

Kalau sudah dikonversi menjadi dosis, jadinya sekitar 46-47 juta dosis.

Baca juga : Selama Bulan Puasa, Jam Kerja Vaksinasi Dipangkas

"Sampai sekarang, sudah ada sekitar 22 juta dosis dari 46 juta yang masuk, yang sudah kita terima dari Bio Farma dan sudah kita distribusikan ke seluruh daerah,” papar BGS. 

Penting juga diingat, bahwa pada saat Ramadan, kemungkinan banyak keluarga yang ingin bertemu orangtuanya sangat tinggi.

"Jadi, tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas diberikan vaksinasi kepada para lansia. Sehingga mereka, senior-senior kita ini, bisa kita lindungi. Kalau nanti dikunjungi oleh keluarganya, imunitas mereka sudah relatif lebih baik,” ujarnya.[HES]

Baca juga : Mau Ke Tanah Suci, Wajib Vaksinasi Lho

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.