Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pancasila Modal Bangsa Hadapi Pandemi Covid-19

Selasa, 1 Juni 2021 07:34 WIB
Seskab Pramono Anung (Foto: Humas Setkab/Agung)
Seskab Pramono Anung (Foto: Humas Setkab/Agung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia merupakan senjata ampuh untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa. Salah satunya, dalam menghadapi wabah Covid-19 dengan cara bergotong royong.

Hal itu dikatakan Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung menyambut Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang jatuh pada Selasa (1/6/).

“Pancasila sebagai ideologi yang tumbuh dan berkembang dari bangsanya selalu terbukti menjadi penyelesai berbagai persoalan bangsa,” ujar Pramono dikutip Seskab.go.id.

Baca juga : Begini Jurus PLN Kelola Utang Di Tengah Pandemi Covid-19

Seskab meyakini, bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila telah diterapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia.

“Kita tahu bahwa masyarakat Indonesia terbukti dan berbagai individu telah menerapkan Pancasila dalam kehidupan keseharian. Nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, musyawarah mufakat, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah inti dan sejatinya dari Pancasila,” tuturnya.

Begitu juga di kala bangsa Indonesia berjuang untuk mengatasi dan bangkit dari pandemi saat ini. Seskab menilai, semangat gotong royong yang ditunjukkan segenap komponen bangsa adalah wujud dari pengamalan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Baca juga : Top, Telkom Bagikan Dividen Triliunan Di Tengah Pandemi Covid-19

“Salah satu makna yang penting dan terpenting dalam Pancasila ketika menghadapi Covid-19 adalah gotong royong. Dengan gotong royong kita melihat bangsa Indonesia menyelesaikan banyak hal, termasuk menyelesaikan persoalan Covid-19,” ujarnya.

Karena itu, mantan Sekjen PDI Perjuangan ini mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk tetap konsisten dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita menerapkan Pancasila dalam semua lini kehidupan demi kemajuan bangsa dan negara. Merdeka!,” pungkasnya [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.