Dark/Light Mode

Menteri Sandi Sebut 7 Aspek Pengembangan Desa Wisata, Ini Daftarnya

Rabu, 28 Juli 2021 17:31 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: ist)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong penerapan tujuh aspek pada desa wisata. 

Menurut Sandi ketujuh aspek tersebut merupakan nilai penting dalam kategori yang diperlombakan di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

Berita Terkait : Sandi Begitu Dermawan

"Kami mengajak pengelola desa wisata untuk mempercantik desa wisatanya. Terutama pada segi homestay, toilet, souvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif, dan daya tarik," kata Sandi dalam keterangannya, Rabu (28/7).

Sandi menilai keberadaan ketujuh kategori ini memperlihatkan keindahan desa wisata. Baik dilihat tampak depan, samping, belakang, dan tampak dalam dari desa wisata. "Hal ini yang akan kita pastikan untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Dengan pulihnya ekonomi, pariwisata bangkit, insya Allah lapangan kerja terbuka," ujar dia.

Berita Terkait : Sandi Ajak Semua Pihak Kembangkan Desa Wisata

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap, ketujuh aspek tersebut dapat dipersiapkan oleh para pengelola desa wisata. Tujuannya untuk memikat wisatawan dan juga memiliki prinsip keberlanjutan. Sehingga desa wisata benar-benar dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Selain itu, Sandi mengapresiasi keikutsertaan sebanyak 1.831 desa wisata dalam ADWI 2021. Dia optimistis, kehadiran desa wisata akan menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi. Desa wisata menjadi lokomotif untuk pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta simbol kebangkitan Indonesia.

Berita Terkait : Penting, Digital Branding Untuk Membangun Brand UMKM

Dia juga menegaskan pihaknya terus melakukan pendampingan. Caranya dengan mengalokasi dana alokasi khusus (DAK) untuk destinasi super prioritas. "Ke depan kami akan berikan bantuan fisik fasilitas pendukung pariwisata melalui APBN lintas kementerian/lembaga yang akan dikerjasamakan," tutur Founder Oke-Oce itu. 

Selain pendampingan, lanjutnya, ada juga bantuan insentif pemerintah serta sertifikasi CHSE. Alhasil, desa wisata benar-benar sebagai simbol dan sumber kebangkitan ekonomi Indonesia. [UMM]