Dark/Light Mode

BKS Tinjau Pelaksanaan Tes PCR Penumpang Luar Negeri Di Soekarno-Hatta

Minggu, 19 September 2021 23:35 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (berkemeja putih) meninjau langsung prosedur kedatangan internasional penumpang luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu sore (19/9). (Foto: Dok. AP II)
Menhub Budi Karya Sumadi (berkemeja putih) meninjau langsung prosedur kedatangan internasional penumpang luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu sore (19/9). (Foto: Dok. AP II)

 Sebelumnya 
Dia memastikan, AP II berkoordinasi dengan maskapai, ground handling, dan stakeholder lainnya agar manajemen dapat dilakukan baik untuk operasional pesawat di sisi udara, gate kedatangan di terminal, serta situasi di dalam terminal. Sehingga prosedur kedatangan internasional sesuai SE Kemenhub Nomor 74/2021 dapat dijalankan dengan baik.
 
"Kami akan menjaga pengaturan slot penerbangan, lokasi parkir atau parking stand untuk pesawat, dan holding bay di dalam Terminal 3 guna memastikan kelancaran alur kedatangan internasional dan kelancaran pelaksanaan tes PCR bagi penumpang yang tiba dari luar negeri," jelas Muhammad Awaluddin.
 
Muhammad Awaluddin menuturkan, protokol kesehatan harus dijaga dalam kondisi apa pun. “Kami terus memantau situasi di Area Kedatangan Internasional, apabila diperlukan maka holding bay akan ditambah guna memastikan protokol kesehatan terjaga dan tidak terjadi penumpukan,” jelasnya. 
 
Saat ini, ditetapkan terdapat 3 holding bay sebelum penumpang internasional melakukan tes PCR, dan 2 area menunggu (waiting bay) bagi penumpang untuk menunggu hasil tes PCR serta memproses perjalanan ke lokasi karantina. Sementara itu, jumlah bilik tes PCR  bagi penumpang internasional akan ditambah dari saat ini 10 bilik menjadi 20 bilik.
 
Pelaksanaan tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta bagi penumpang yang baru mendarat ini sejalan dengan penetapan SE Nomor 74/2021 yang pada prinsipnya untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19 termasuk varian virus SARS-CoV-2 baru yang telah bermutasi menjadi varian Alpha, varian Beta, varian Delta, varian Gamma dan varian MU (B.1.621) serta potensi berkembangnya varian baru lainnya. Bagi penumpang yang teridentifikasi positif Covid-19 setelah melakukan tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta, akan dilakukan penanganan lebih lanjut termasuk dilakukan pemisahan menuju lokasi karantina sehingga penularan dapat dihindari. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.