Dark/Light Mode

Terima Kasih Italia, 796.800 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba Di Tanah Air

Kamis, 30 September 2021 14:56 WIB
Dubes Italia untuk RI Benedetto Latteri (ketiga kanan) saat menyambut kedatangan vaksin AstraZeneca sumbangan negaranya untuk Indonesia, Kamis (30/9). (Foto: Kominfo)
Dubes Italia untuk RI Benedetto Latteri (ketiga kanan) saat menyambut kedatangan vaksin AstraZeneca sumbangan negaranya untuk Indonesia, Kamis (30/9). (Foto: Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kedatangan vaksin tahap 80 donasi dari pemerintah Italia melalui COVAX Facility, berupa 796.800 dosis AstraZeneca, Kamis (30/9).

Donasi vaksin ini menjadikan total vaksin yang diterima Indonesia, baik dalam bentuk bulk dan vaksin, menjadi 274.400.590 dosis.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi, kepada pemerintah Italia. Saya juga langsung mengirim pesan kepada Menteri Luar Negeri Italia, untuk secara langsung menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang diberikan," ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Kamis (30/9).

Baca juga : Singapura Bantu Kepri 122.400 Vaksin AstraZeneca

Duta Besar Italia untuk Indonesia, Benedetto Latteri mengatakan, donasi ini adalah bukti persahabatan dan dukungan Italia kepada pemerintah Indonesia, dalam memerangi penyebaran Covid-19 di seluruh Tanah Air.

Menurutnya, vaksin ini akan membantu mempertahankan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, untuk mempercepat kampanye vaksinasi.

"Italia telah melipatgandakan sumbangannya ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah melalui Fasilitas COVAX, dari 15 menjadi 45 juta dosis pada akhir 2021, senilai lebih dari 385 juta euro,” ujarnya.

Baca juga : Singapura Nyumbang 122.400 Dosis Vaksin AstraZeneca Untuk Batam, Kepri

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, Indonesia juga kembali menerima 600 ribu vaksin AstraZeneca dari pemerintah Prancis melalui jalur bilateral, pada Sabtu (2/10). Dengan begitu, Indonesia akan menerima 3.163.540 dosis vaksin dari Prancis.

"Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Prancis atas dose sharing kepada Indonesia," katanya.

Retno memastikan, diplomasi vaksin akan bekerja untuk mengamankan kebutuhan vaksin bagi keperluan rakyat Indonesia.

Baca juga : 169 Juta Dosis Vaksin Sudah Didistribusikan Ke Daerah

Dengan upaya kuat yang telah dilakukan selama ini, Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 140 juta dosis vaksin. Salah satu yang terbesar di Asia, setelah China, India, dan Jepang.

Selain terus menyuarakan kesetaraan akses vaksin untuk semua negara, Menlu Retno juga menyebut, Indonesia berada di garda depan dalam memberikan masukan  bagi upaya penataan ulang arsitektur kesehatan dunia. Agar dunia lebih siap hadapi tantangan kesehatan di masa mendatang. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.