Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

PUPR Percepat Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Di NTT

Kamis, 7 Oktober 2021 12:21 WIB
Pekerjaaan pemmbangunan pascabencana banjir bandang di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
Pekerjaaan pemmbangunan pascabencana banjir bandang di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mempercepat pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana banjir bandang akibat Badai Siklon Tropis Seroja pada awal April 2021 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, rehabilitasi dan rekonstruksi pada wilayah terdampak bencana tidak hanya membangun kembali rumah yang rusak, tetapi sebagai upaya untuk membangun kembali permukiman baru yang tangguh terhadap bencana. 

Baca juga : KPK Dalami Aliran Dana Korupsi Di HSU

"Pendekatannya adalah build back better, tidak sekadar membangun dengan kerentanan yang sama terhadap bencana, tetapi membangun lebih baik dan lebih aman dari sebelumnya,” kata Basuki, Kami (7/10).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR di NTT dan NTB, Widiarto menyatakan, seluruh pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi di NTT ditargetkan rampung paling lambat pada akhir November 2021. 

Baca juga : Puan Dorong Percepatan Vaksinasi Di Papua

"Penyerahan penyelesaian pekerjaan ke Pemerintah Daerah akan dilakukan serentak untuk semua infrastruktur yang diperbaiki yakni infrasruktur permukiman kawasan, sanitasi, air bersih, dan perumahan," terang Widiarto. 

Untuk penyelesaian pekerjaan, Widiarto menginstruksikan agar dapat diidentifikasi segala kendala di lapangan, seperti tenaga kerja dan material untuk segera dapat diatasi, sehingga percepatan penyelesaian fisik dapat bisa selesai tetap sesuai rencana. 

Baca juga : BNPB Gelar Simulasi Gempa Dan Tsunami Di Ambon

Sebagai bantuan relokasi warga terdampak bencana, Kementerian PUPR juga tengah membangun hunian tetap di Kabupaten Lembata sebesar 700 unit dan di Adonara, Kabupaten Flores Timur sebesar 300 unit sesuai dengan instruksi Presiden, serta di Kota Kupang dan Kabupaten Alor. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.