Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Dorong Percepatan Vaksinasi Di Papua

Minggu, 3 Oktober 2021 11:27 WIB
Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden Jokowi dalam kegiatan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua di Kantor Gubernur Papua di Jayapura, Sabtu (2/10). (Foto: Ist)
Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden Jokowi dalam kegiatan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua di Kantor Gubernur Papua di Jayapura, Sabtu (2/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungannya ke Papua, Ketua DPR Puan Maharani mendorong terlaksananya percepatan vaksinasi di Bumi Cenderawasih tersebut. Menurutnya, percepatan vaksinasi perlu dilakukan agar masyarakat Papua bisa lebih terjamin keselamatannya di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua di Kantor Gubernur Papua di Jayapura, Sabtu (2/10).

"Dari laporan yang saya terima bahwa pencapaian vaksinasi di Papua ini masih rendah, baik dosis pertama maupun kedua," kata Puan.

Baca juga : Komisi IX Desak BKKBN Percepat Penurunan Angka Stunting

Dari jumlah penduduk Provinsi Papua sebanyak kurang lebih 3,4 juta jiwa, pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap 2.583.771 warga. Namun pencapaian vaksinasi di Papua untuk dosis pertama baru 22,62 persen dan dosis kedua 14,66 persen. Data per 30 September lalu, total kasus Covid-19 di Provinsi Papua mencapai 33.705.

Puan mendorong pemerintah daerah untuk segera mempercepat capaian Vaksinasi Covid-19.

"Tentu saja dukungan dan dorongan dari semua pihak harus menjadi salah satu komitmen dari kita semua agar vaksinasi bisa berjalan dengan baik dan benar di seluruh wilayah Papua," ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR tersebut.

Baca juga : Saat Tinjau Vaksinasi, Puan Dicurhati Siswa Soal Koneksi Internet

Ditambahkan Puan, butuh peningkatan upaya dari seluruh pihak agar vaksinasi Covid-19 bisa menjangkau seluruh masyarakat Papua. Hal ini mengingat kondisi geografis di Papua yang memang menjadi kendala dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi.

"Termasuk dari tenaga kesehatannya. Dan tentunya saya sangat mengapresiasi dengan apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan TNI/Polri beserta seluruh jajarannya dan seluruh elemen yang sudah berusaha untuk bisa melaksanakan vaksinasi walaupun tentu secara topografi dan geografi wilayah Papua bukan wilayah yang mudah untuk kemudian melaksanakan vaksinasi," papar Puan.

Mantan Menko PMK itu pun menilai diperlukan keterlibatan banyak tokoh masyarakat untuk mendukung tercapainya target vaksinasi di Papua. Puan mengatakan tokoh adat, budaya serta tokoh agama memiliki peranan penting untuk meyakinkan masyarakat Papua tentang pentingnya vaksinasi.

Baca juga : Puan Tinjau Vaksinasi Sekolah, Siswa Bahagia Kembali PTM

"Tentu saja kita tetap optimis bahwa apa yang akan dilaksanakan terkait dengan pelaksanaan vaksinasi dan dalam menjaga protokol kesehatan akan menjadi komitmen kita bersama sehingga keselamatan masyarakat Papua lebih terjamin," sebutnya.

Puan meyakini kerja-kerja bersama akan membantu Indonesia, termasuk Papua, untuk segera keluar dari pandemi Covid-19. Percepatan vaksinasi pun, kata cucu proklamator Bung Karno itu, akan mengurangi penyebaran virus Corona.

"Gotong royong akan membuat Indonesia kembali sehat dan kuat serta hebat di masa-masa yang akan datang setelah kita melewati pandemi Covid-19," pungkas Puan. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.