Dark/Light Mode

Puncak Hari Pangan Sedunia

Mentan Syahrul Ajak Petani Pacu Produksi Pangan Di Masa Pandemi

Senin, 25 Oktober 2021 20:06 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengemudikan alsintan saat Perayaan Hari Pangan Sedunia ke-41 di hamparan persawahan Jagapura Wetan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/10). (Foto: Dok. Kementan)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengemudikan alsintan saat Perayaan Hari Pangan Sedunia ke-41 di hamparan persawahan Jagapura Wetan, Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/10). (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) terus memacu produksi pangan guna memastikan stok terjamin dalam kondisi aman.

Terbukti, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan potensi produksi padi 2021 capai 55,27 juta ton gabah kering giling (GKG) atau mengalami kenaikan 1,14 persen dibandingkan 2020.

Baca juga : Airlangga Ajak Kader Menangkan Pemilu 2024

"Kementan mengupayakan tiada hari tanpa panen dan tanam di berbagai titik di Indonesia. Sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi, hal ini merupakan upaya kita dalam memastikan ketersediaan bahan pangan, menjaga stabilisasi harga dan meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam acara puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-41 di Desa Jagapura Wetan, Gegesik, Cirebon, Jawa Barat,Senin (25/10).

Mentan SYL mengatakan peringatan HPS yang dilaksanakan pada masa pandemi ini, Indonesia senantiasa mampu menjaga ketahanan pangannya. Sektor pertanian menunjukkan kinerja yang mengembirakan.

Baca juga : Kendalikan Harga, Menteri Teten Bikin Koperasi Petani Bawang Di Ngajuk

Pada Triwulan II 2020 PDB sektor pertanian tumbuh 16,24 persen q-to-q. Pada triwulan III dan IV, PDB Pertanian tumbuh masing-masing 2,15 persen dan 2,59 persen y-on-y dan mampu menjadi penyelamat memburuknya resesi ekonomi nasional.

"Kita bersyukur hari ini memperingati Hari Pangan Sedunia, sebagai negara keempat terbesar di dunia dengan 270 penduduk, tidak pernah mendengar ada orang yang mati karena kelaparan," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.