Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Doa-doa Awal Ramadan Berdasarkan Hadits & Contoh Sahabat

Minggu, 19 Maret 2023 20:50 WIB
Berdoa/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Berdoa/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di awal Ramadan, umat Islam dianjurkan mengamalkan doa menyambut bulan suci ini untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama menjalankan ibadah puasa.

Ibnu Rajab, seorang ulama tabi'in mengatakan, para sahabat selama enam bulan sebelum datang Ramadan selalu berdoa agar Allah SWT mempertemukan mereka dengan bulan penuh berkah ini. Kemudian, selama enam bulan setelah Ramadhan, mereka berdoa agar Allah SWT menerima amal-amal mereka selama Ramadan.

Ibnu Rajab memberikan contoh doa yang biasa diucapkan para sahabat ketika menyambut Ramadan. Doa ini diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir:

‎اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Baca juga : Rehab Rumah dan Makam Haji Datuk Batuah!

Artinya: Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan dan antarkanlah Ramadan kepadaku serta terimalah amal-amalku di Bulan Ramadan.

Selain doa menyambut Ramadan, ada juga doa ketika melihat hilal yang biasa diucapkan pada bulan-bulan lainnya. Doa ini dapat diucapkan ketika seseorang melihat hilal:

‎اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya: Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah. (HR Ahmad)

Baca juga : Yandri Ajak Fatayat NU Rapatkan Barisan Hadapi Tantangan  

Selain itu, terdapat pula doa untuk memohon kemudahan dari Allah SWT:
Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa.

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah. (Hadits ini dikeluarkan Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3:255)

Doa awal Ramadan lain, sebagaimana diriwayatkan Tirmidzi, yaitu memohon kepada Allah agar diberi kemudahan meninggalkan kemungkaran.

Baca juga : Jelang Ramadan 2023, Harika Foundation Salurkan Beras untuk Santri

Allahumma inni as-aluka fi'lal khairaat wa tarkal munkaraat.

Artinya: Ya Allah, aku memohon pada-Mu agar mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. (HR Tirmidzi)■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.