Dark/Light Mode

UID dan Yayasan Bunga Bali Gelar Lelang Lukisan untuk Pahlawan Seni dan Olahraga

Selasa, 28 November 2023 21:50 WIB
Pameran dan lelang lukisan amal bertema Bhinneka Tunggal Ika untuk pahlawan di bidang seni dan olahraga, di The Club, Djakarta Theater Live, Jakarta Pusat, Selasa (28/11). (Foto: Istimewa)
Pameran dan lelang lukisan amal bertema Bhinneka Tunggal Ika untuk pahlawan di bidang seni dan olahraga, di The Club, Djakarta Theater Live, Jakarta Pusat, Selasa (28/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Upaya Indonesia Damai (UID) atau dikenal dengan United In Diversity Foundation bekerja sama dengan Yayasan Bunga Bali dan Sanggar Ring Luwur Akasa menyelenggarakan pameran dan lelang lukisan amal bertema “Bhinneka Tunggal Ika” untuk pahlawan Indonesia di bidang seni dan olahraga. Acara digelar, di The Club, Djakarta Theater Live, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Menampilkan 69 lukisan karya seniman Indonesia dari berbagai latar belakang, mulai dari seniman tradisional hingga seniman kontemporer dari Bali, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Hasil lelang akan disalurkan kepada para mereka yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah seni dan olahraga namun mengalami kesulitan finansial di usia tua.

“UID bekerja sama dengan Yayasan Bunga Bali dan Sanggar Ring Luwur Akasa memiliki niatan baik untuk membantu pemerintah dalam memperhatikan nasib para pahlawan bangsa dalam mendapatkan pengobatan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkap Presiden UID Tantowi Yahya dalam konferensi pers yang diadakan sebelum acara lelang dimulai.

Baca juga : Bupati Serang Mimpin Sendirian Dulu Aja Ya

Dia berharap, acara ini bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendukung para pahlawan tersebut dan hasil lelang dapat membawa perubahan nyata bagi kehidupan mereka. Hal ini sejalan dengan makna yang terkandung dalam semboyan 'Bhinneka Tunggal Ika', yakni sebagai komponen anak bangsa, walaupun berbeda dalam latar belakang memiliki satu tujuan yaitu untuk kemajuan bangsa.

Hal tersebut didukung pernyataan Gde Putu Arya Kusuma, sebagai perwakilan dari dari Yayasan Bunga Bali. Dia mengungkapkan, inisiatif dalam kerja budaya ini berlangsung untuk merayakan kehidupan humanis dalam merawat harmoni berbangsa.

"Pameran lelang lukisan amal Merajut Kebhinnekaan dengan tajuk Bhinneka Tunggal Ika Berkarya untuk Pertiwi: Satoe Nusa, Satoe Bangsa, Satoe Djiwa ini merupakan inisiatif dalam kerja budaya. Menghadirkan peristiwa kesenian yang berikhtiar menerjemahkan keIndonesiaan dalam perspektif kemajemukan bangsa. Merayakan kehidupan humanis non sektarian dengan sikap inklusif, setara, dialogis, toleran dan saling menghormati demi merawat harmoni berbangsa," terang Gde Putu.

Baca juga : Mentan Amran: Lahan Rawa Naikkan Indeks Pertanaman Di Ogan Ilir

Beberapa nama yang menjadi penerima manfaat antara lain, Budiono Sutikno (pemain sepak bola), Mardi Lestari (pelari), Sukardi (penyanyi keroncong), Putu Wijaya (budayawan sastra Indonesia), dan H Ukat (penyanyi dangdut Indonesia).

Acara amal ini dipandu Helmy Yahya sebagai juru lelang dan didukung Kemendikbudristek, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, sebagi bentuk apresiasi atas jasa-jasa bangsa Indonesia, pahlawan seni dan olahraga.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dalam suratnya, mendukung penuh kegiatan sosial dan amal ini. "Saya atas nama Lembaga dan pribadi sangat mendukung acara ini sebagai ajang apresiasi seni dan memperhalus jiwa kita," ungkapnya.

Baca juga : Relawan Mas Gibran Gelar Mancing Bareng Dan Bagikan Sembako Di Bantul

UID berharap, pameran ini dapat menjadi sarana penggalangan dana dan memberikan dukungan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Hasil lelang Selasa (28/11) sebesar Rp 5.274.000 dari 22 lukisan yang terjual.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.