Dark/Light Mode

Komit Hadirkan Pembangunan Berkualitas, Ganjar Akan Maksimalkan Peran Periset

Rabu, 18 Oktober 2023 08:21 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berkomitmen menghadirkan pembangunan berkualitas untuk Indonesia di masa depan. Salah satu caranya, dengan memaksimalkan peran periset.

Hal itu disampaikan Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dan Anggota DPR RI itu saat ditemui di Menara Kompas, Jalan Palmerah Selatan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023).

"Kalau ada risetnya, kita bisa memakai hasil riset itu untuk mengambil keputusan dan menjadi kebijakan publik," ujar Ganjar.

Baca juga : Indonesia Maritime Expo, Hadirkan Solusi Pembangunan Maritim Dekade Baru

Ganjar mengatakan, riset yang dikembangkan oleh periset andal di bidang masing-masing akan melahirkan kebijakan publik terbaik.

Kemudian, pembangunan berkualitas akan lahir dari kebijakan-kebijakan tersebut.

“Persoalannya di dalamnya. Prioritas kita yang mana, persoalannya apa, bagaimana kita menuntaskan terhadap persoalan itu sendiri,” imbuh Ganjar.

Baca juga : Wujudkan Indonesia Kian Ramah Disabilitas, Ganjar Siap Perjuangkan Kesetaraan

Apalagi negara, sebagaimana disebutkan Ganjar, memiliki Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang punya segudang periset andal.

Mereka juga telah menelurkan banyak riset berkualitas dan berkontribusi terhadap pembangunan.

“Maka saya kira sudah ada BRIN tinggal kita optimalkan, dan di dalam BRIN kita punya banyak sekali hasil riset tinggal kita ambil satu per satu secara fokus untuk menyelesaikan persoalan yang ada untuk menjadi kebijakan publik,” kata dia.

Baca juga : Tingkatkan Layanan, Ganjar Tawarkan Konsep Investasi Kawasan Industri Kesehatan

Di samping optimalisasi perannya, Ganjar menyebut periset juga perlu mendapatkan perhatian dan perlindungan untuk memacu pekerjaan mereka melahirkan riset terbaik bagi bangsa dan negara.

Dengan begitu, kata Ganjar, Indonesia akan semakin diperhitungkan karena punya sumber daya terbaik untuk menciptakan pembangunan yang lebih berkualitas.

"Sehingga kalau insentifnya bagus, akan banyak sekali periset yang bisa lahir dan kita akan diperhitungkan karena kemampuan sumber daya bagus, SDM-nya bagus, tinggal kita membuat kebijakan untuk mengatur semuanya dan mengeksekusi,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.