Dark/Light Mode

PPIH Imbau Jemaah Haji Gunakan Jasa Pendorong Kursi Roda Resmi di Masjidil Haram

Kamis, 23 Mei 2024 16:01 WIB
Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda. (Foto: Dok. Kemenag)
Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah haji Indonesia secara bertahap sudah mulai tiba di Makkah untuk melakukan umrah wajib. Jemaah haji yang membutuhkan kursi roda, diimbau menggunakan jasa pendorong resmi saat Tawaf di Masjidil Haram.

Pesan ini disampaikan anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda saat membacakan keterangan resmi Kemenag, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (23/5).

Baca juga : Jemaah Haji Dapat Makan 27 Kali di Madinah dan 84 di Makkah

Dia menerangkan, setelah jemaah sampai di hotel Makkah, petugas haji akan mendata dan mengelompokkan yang menggunakan kursi roda. Kebanyakan dari mereka adalah jemaah lanjut usia, disabilitas, dan jemaah risiko tinggi. Petugas juga akan mengatur proses pelaksanaan umrah jemaah pengguna kursi roda.

“Didampingi petugas, para jemaah tersebut masuk ke Bus Salawat yang telah dilengkapi akses naik kursi roda untuk dibawa ke Masjidil Haram,” terang Widi.

Baca juga : 56 Ribu Lebih Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Suci, 6 Orang Wafat

Setelahnya, kata Widi, petugas melakukan pengecekan kembali dengan cermat untuk memastikan jemaah telah mengenakan pakaian ihram dengan benar, berwudu, dan membimbing jemaah untuk berdoa sebelum naik Bus Salawat.

“Sepanjang perjalanan ke Masjidil Haram, petugas haji terus membimbing dan memimpin jemaah bertalbiyah,” lanjutnya.

Baca juga : Saya Ingin Bersama Istri di Surga Nanti

Ia menjelaskan, untuk memperlancar prosesi Tawaf dan Sai, khususnya bagi jemaah lanjut usia dan disabilitas, pengelola Masjidil Haram memfasilitasi dan menyediakan layanan penyewaan pendorong kursi roda serta penyewaan skuter.

“Pengelola Masjidil Haram menyediakan jalur khusus bagi jemaah yang akan Tawaf dan Sa’i menggunakan jasa pendorong kursi roda dan jalur khusus skuter,” jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.