Dark/Light Mode

Jemaah Haji Dilarang Bentangkan Spanduk dan Bendera di Tanah Suci

Jumat, 17 Mei 2024 15:04 WIB
Anggota Tim Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda. (Foto: Dok. Kemenag)
Anggota Tim Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Arab Saudi menerbitkan sejumlah peraturan yang harus menjadi perhatian jemaah haji Indonesia saat berada di Kawasan Masjid Nabawi, Madinah, maupun Masjidil Haram, Makkah. Jemaah dilarang membentangkan spanduk dan bendera di Tanah Suci.

Anggota Tim Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda mengatakan, selama berada di Tanah Suci, jemaah agar mematuhi ketentuan dan larangan yang ditetapkan pihak otoritas setempat, terutama di seputar kawasan Masjid Nabawi. Jemaah, misalnya, dilarang membentangkan spanduk, barang, atau bendera yang menunjukkan identitas personal atau kelompok tertentu di dalam maupun di luar kompleks masjid.

“Otoritas Saudi melarang keras pengibaran spanduk, bendera penanda-penanda, termasuk membentangkan bendera Merah Putih sekalipun,” terang Widi, saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (17/5).

Baca juga : Kecakapan Digital Dibutuhkan untuk Modal Bertindak Cermat di Medsos

Selain itu, jemaah juga dilarang merokok di kawasan masjid dan tempat tertentu yang ditetapkan otoritas setempat. “Merokok di area terlarang bisa menjadi masalah serius bagi jemaah, di antaranya akan dikenakan denda cukup besar oleh pihak berwenang,” terang Widi.

Jemaah haji juga diingatkan untuk tidak berkerumun lebih dari lima orang di areal Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. “Askar masjid tidak segan membubarkan kerumunan tersebut karena berpotensi mengganggu pergerakan jemaah lainnya. Saudi menerapkan aturan ketat bagi jemaah yang ketahuan berkerumun lima orang atau lebih dalam jangka waktu lama,” jelasnya.

“Kepada ketua kloter, perangkat kloter, serta para Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) agar terus memberikan edukasi kepada jemaahnya perihal ketentuan-ketentuan yang ditetapkan otoritas Pemerintah Saudi,” lanjutnya.

Baca juga : Kakek Hardjo Mislan, Jemaah Haji Tertua Tiba di Tanah Suci

Menjelang keberangkatan ke Kota Makkah untuk umrah wajib, jemaah haji diimbau mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan, memperhatikan asupan makanan dan gizi yang cukup. “Prioritaskan ibadah wajib dan membatasi ibadah sunnah yang akan menguras ketahanan fisik,” imbaunya.

Pemerintah Indonesia, ujar Widi, kembali mengingatkan jemaah haji bila ingin beribadah di Masjid Nabawi untuk tetap memerhatikan hal-hal berikut, yaitu mencatat nama dan nomor hotel, memberi tahu dan mencatat nomor kontak Petugas Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) di hotel, dan tetap mengenakan identitas pengenal, terutama gelang jemaah.

“Jangan tukar-menukar gelang dengan jemaah lainnya. Pergi dan pulanglah secara berkelompok,” ucapnya.

Baca juga : Jemaah Haji Wafat Akan Dibadalhajikan dan Dapat Asuransi, Ini Ketentuannya

Operasional pemberangkatan jemaah haji 1445 H/2024 M sudah memasuki hari keenam. Hingga saat ini, lebih 34 ribu jemaah telah tiba di Madinah Al-Munawwarah. Mereka terbagi dalam 87 kelompok terbang.

Hari ini, terdapat 18 kelompok terbang (kloter), dengan 6.931 jemaah yang diterbangkan ke Madinah, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 jemaah/1 kloter
  2. Embarkasi Lombok, NTB (LOP) sebanyak 393 jemaah/1 kloter
  3. Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 720 jemaah/2 kloter
  4. Embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 jemaah/1 kloter
  5. Embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 jemaah/1 kloter
  6. Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.855 jemaah/5 kloter
  7. Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 jemaah/1 kloter
  8. Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 jemaah/1 kloter
  9. Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 jemaah/1 kloter
  10. Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 440 jemaah/1 kloter
  11. Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 jemaah/1 kloter
  12. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 786 jemaah/2 kloter.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.