Dark/Light Mode

KKHI Imbau Jemaah Haji Utamakan Istirahat di Hotel Saat Pertama Tiba di Saudi

Minggu, 19 Mei 2024 07:43 WIB
Kasi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dr. Karmijono (Foto: MCH 2024)
Kasi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dr. Karmijono (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah haji diimbua untuk mengutamakan istirahat saat tiba di hotel, setelah menempuh perjalanan panjang dari Tanah Air menuju Tanah Suci. Istirahat tersebut penting agar tubuh jemaah kembali bugar dan tetap sehat.

“Pertama, saat sampai di hotel, jemaah sebaiknya istirahat dulu. Kedua, jangan sampai lupa makan,” imbau Kepala Seksi (Kasi) Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dr. Karmijono, di KKHI Madinah, Sabtu (18/5).

Baca juga : Jemaah Haji Dilarang Bentangkan Spanduk dan Bendera di Tanah Suci

dr. Karmijono menekankan, menjaga kesehatan bagi jemaah adalah hal paling utama. Sebab, mereka akan menghadapi puncak haji di Arafah yang berat dan membutuhkan stamina yang kuat.

Dia juga mengimbau jemaah untuk banyak minum, agar tubuh tidak dehidrasi di tengah panasnya suhu Arab Saudi. “Jangan tunggu haus baru minum. Haji adalah Arafah, maka jaga kesehatan dari sekarang,” imbaunya.

Baca juga : Kakek Hardjo Mislan, Jemaah Haji Tertua Tiba di Tanah Suci

Untuk penanganan kesehatan, dr. Karmijono mengungkapkan, pada Sabtu, ada enam jemaah yang dibolehkan keluar klinik dan kembali ke hotel. Sementara, jemaah yang masih dirawat di KKHI Madinah berjumlah 15 orang.

Profil jemaah yang dirawat di KKHI secara keseluruhan tergolong lanjut usia (lansia). “Semuanya lansia, di atas 70 tahun. Untuk di bawah 60 tahun, alhamdulillah nggak ada. Keluhannya kelelahan dan ada juga penurunan tensi,” terang dr. Karmijono.

Baca juga : Mesin Pesawat Jemaah Haji UPG-05 Rusak, Ini Permintaan Kemenag ke Garuda

Di KKHI Madinah, jemaah akan menerima layanan kesehatan selama maksimal 3x24 jam. “Jika dalam satu setengah hari tidak ada kecenderungan ke perbaikan, kita rujuk. Tapi kalau memang ada perbaikan, kita maksimalkan 3x24 jam, dia harus pulang,” ujarnya.

KKHI telah menyiapkan mitigasi untuk mengatasi kelelahan pada jemaah haji. "Kami berupaya dan sudah membuat tulisan semacam promosi kesehatan dengan menggunakan bahasa yang singkat. Semoga dengan ini jemaah dapat sadar untuk menjaga kesehatannya, sehingga insya Allah tujuan untuk berhaji, ke Arafah, itu bisa terpenuhi,” tandas dr. Karmijono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.