Dark/Light Mode

WNI Bisa Umrah Lagi

Raja Salman, Syukron!

Minggu, 28 November 2021 07:50 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok. Kemenag)
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan Indonesia mengendalikan pandemi Covid-19 membawa berkah. Baru-baru ini, Kerajaan Arab Saudi mencabut larangan terbang dari Indonesia. Terhitung 1 Desember nanti, penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju ke Saudi. Dengan aturan ini, diharapkan WNI pun bisa umrah lagi. Syukron, Raja Salman.

Aturan baru dari otoritas Saudi itu terbit 25 November 2021. Dengan aturan baru ini, WNI sudah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara ke-3 selama 14 hari. Selain Indonesia, Saudi juga memberikan izin masuk kepada lima negara lain yaitu Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan Mesir.

Baca juga : Partai Golkar Mulai Gaspol

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengucap syukur atas keputusan tersebut. Apalagi, keputusan itu terbit setelah ia berkunjung untuk melobi Saudi agar WNI bisa menjalankan ibadah umrah lagi.

“Semoga ini juga akan menjadi kabar baik buat Jemaah umrah Indonesia yang sudah tertunda keberangkatannya sejak Februari 2021. Semoga jemaah Indonesia bisa segera mengobati kerinduannya ke Tanah Suci,” kata Yaqut, Jumat (26/11).

Baca juga : Sarah Azhari, Anak Rasa Teman

Selain penerbangan langsung, masa karantina pun akan lebih singkat menjadi 5 hari. Arab Saudi juga tidak lagi membatasi jenis vaksin yang digunakan dan mensyaratkan penambahan vaksin dosis ketiga atau booster. Jadi penerima vaksin Sinovac atau Sinopharm bisa masuk ke Saudi.

“Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama,” ungkapnya.

Baca juga : HNW Cerita Sejarah Relasi Agama Dan Negara

Yaqut memang melakukan kunjungan kerja selama 5 hari ke Saudi. Di sana, mantan anggota DPR itu menemui sejumlah pejabat, seperti Menteri Haji dan Umrah, Menteri Urusan Agama Islam, Gubernur Mekah, dan sebagainya.

Dalam tiap pertemuan itu, Yaqut menyampaikan perkembangan penanganan Corona di Indonesia, juga persiapan keberangkatan jemaah umrah. Dia bilang, penanganan Corona di Indonesia secara umum sudah terkendali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.