Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Desak Pemerintah Bangun RS Darurat Covid Sebanyak Mungkin

Rabu, 7 Juli 2021 12:51 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Ist)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah mengambil langkah terobosan dalam menangani pasien Covid-19 di Indonesia. Supaya, tak ada lagi masyarakat terlantar dan tak mendapat perawatan memadai.

"Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat, rumah sakit lapangan. Sebab, penderita yang bergejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena rumah sakit penuh," kata Puan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (7/7).

Dia menilai, dalam situasi darurat saat ini, dapat dipertimbangkan menambah kapasitas rumah sakit. Salah satunya dengan mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi kapal rumah sakit.

Baca juga : Kasus Korupsi Barang Tanggap Darurat Bencana Bandung Barat, KPK Garap 10 Saksi

"Bangun rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan bisa dialihfungsikan. Jangan bussiness as usual, harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan," tegasnya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengatakan, terobosan lain yang bisa dilakukan yakni mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali.

Menurut dia, berdasarkan pemantauan dan pengawasan, penanganan pandemi Covid-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi.

Baca juga : Marahnya Anies Berbuah Manis

Dia mencontohkan ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, dan pelaksanaan PPKM Darurat.

"Selain itu penegakan aturan yang tegas, terukur, tanpa pandang bulu. Perkuat komunikasi publik dan sosialisasi sehingga masyarakat paham bahaya Covid-19 dan penanganannya," tambahnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyukseskan kebijakan PPKM Darurat demi menekan penyebaran Covid-19. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.