Dark/Light Mode

ABK Indonesia Bahagia Berlebaran di Helsinki

Jumat, 7 Juni 2019 23:13 WIB
Duta Besar Wiwiek Setyawati berbaju merah berpose dengan disapora Indonesia di Wisma Duta Helsinki, Finlandia. (Foto KBRI Helsinki)
Duta Besar Wiwiek Setyawati berbaju merah berpose dengan disapora Indonesia di Wisma Duta Helsinki, Finlandia. (Foto KBRI Helsinki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian dari perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Duta Besar RI untuk Finlandia dan Estonia Wiwiek Setyawati menyelenggarakan open house di Wisma Duta, Rabu (5/6).

Acara dihadiri masyarakat dan diaspora Indonesia di Finlandia dan Estonia, termasuk para pelajar Indonesia. Bahkan, puluhan anak buah kapal (ABK) dari 420 ABK Indonesia yang bekerja di Kapal Pesiar Zuiderdam yang bersandar di sana.

Baca juga : Dayung Indonesia Juara Umum di China

Bagi para ABK tersebut, berkumpul saat Idul Fitri merupakan kesempatan yang sangat langka. Para ABK menceritakan, sudah 10 tahun lamanya mereka tidak berlebaran karena harus bekerja dan melaut selama berbulan-bulan.

Oleh karena itu, kesempatan berkumpul bersama masyarakat dan diaspora Indonesia di Hari Raya sangat disyukuri dan dimaknai mendalam. Para ABK menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dunes Wiwiek karena telah diberi kesempatan untuk menghadiri open house.

Baca juga : Meriahnya Lebaran di Negeri Para Nabi

Masyarakat dan diaspora Indonesia melakukan ramah tamah dengan Dubes Wiwiek dan suami, Kemas Firman, serta para staf KBRI Helsinki.

Seusai ramah tamah, para WNI menikmati hidangan khas Lebaran Indonesia yang sengaja dihidangkan untuk mengobati rindu masyarakat Indonesia akan kuliner Indonesia di tanah perantauan. Para ABK juga tampak begitu gembira menyantap hidangan Indonesia yang lama tidak mereka rasakan.

Baca juga : Kapolri Hingga Ketua DPR Berlebaran di Rumah Megawati

Selain menjadi ajang silaturahmi, Open House Idul Fitri 2019 tersebut juga diramaikan dengan penampilan grup musik Bali Boys yang menyanyikan lagu-lagu Indonesia.

Sehari sebelumnya, pada 4 Juni 2019, KBRI Helsinki bekerja sama dengan Ikatan Masyarakat Muslim Indonesia (IMMI) telah melaksanakan salat Id berjamaah di KBRI Helsinki mengikuti penetapan resmi 1 Syawal 1440 Hijriyah dari Masjid Al Iman Islamic Multicultural Dawah Center Helsinki. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.