Dewan Pers

Dark/Light Mode

Masuk RS Lagi, Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Dirawat Di ICU Jantung

Sabtu, 22 Januari 2022 17:16 WIB
PM Mahathir Mohamad (Foto: Instagram)
PM Mahathir Mohamad (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kembali dirawat di RS Jantung Malaysia (IJN), Kuala Lumpur, Sabtu (22/1).

Harian The Star menyebut, Mahathir kini telah menjalani perawatan di Coronary Care Unit atau ruang ICU khusus penyakit jantung. 

Terkait hal ini, tim komunikasi Mahathir menyebut, pihaknya akan segera memberikan keterangan. Namun, menolak berkomentar lebih jauh.

Berita Terkait : Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Tinggalkan RS Jantung

Ini bukanlah kali pertama Mahathir dirawat di IJN. Pada 16 Desember 2021, Mahathir menjalani perawatan selama sepekan dan menjalani serangkaian pemeriksaan medis.

Kemudian, pada 7-13 Januari 2022, Mahathir kembali masuk rumah sakit untuk menjalani prosedur medis elektif.

Mahathir yang kini berusia 96 tahun, memang memiliki riwayat penyakit jantung. Free Malaysia Today menyebut, Mahathir pertama kali mengalami serangan jantung pada tahun 1989.

Berita Terkait : Kelar Jalani Prosedur Medis Elektif Di RS Jantung, Kondisi Mahathir Baik-baik Saja

Tahun 2006, dia mengalami dua kali serangan jantung. Tahun berikutnya, dia menjalani operasi jantung bypass quadruple. Operasi jantung jenis ini dilakukan untuk mengatasi empat pembuluh darah arteri yang tersumbat.

Februari 2018, Mahathir dirawat di rumah sakit karena mengalami infeksi dada.

Mahathir tercatat sebagai Perdana Menteri terlama di Malaysia, totalnya 24 tahun. Dia memerintah pada tahun 1981-2003, dan kembali berkuasa pada 2018-2020. [HES]