Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Tinggalkan RS Jantung

Kamis, 13 Januari 2022 22:00 WIB
Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Tinggalkan RS Jantung

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (96) akhirnya meninggalkan National Heart Institute (IJN) pada Kamis (13/1) pukul 15.45 WIB, setelah menjalani prosedur medis elektif yang berlangsung sukses.

Ini adalah perawatan jantung kedua yang dijalani Mahathir di rumah sakit jantung tersebut, dalam tempo tak sampai sebulan.

Berita Terkait : Pasukan Rusia Bersiap Tinggalkan Kazakhstan

"Dia akan melanjutkan proses penyembuhan dan pemulihannya di rumah,” kata IJN dalam pernyataannya, seperti dikutip The Straits Times, tanpa memberikan informasi rinci terkait prosedur elektif yang dijalani Mahathir.

Mahathir diketahui pernah mengalami tiga kali masalah jantung. Pertama pada 1989, kemudian kedua dan ketiga pada 2006. 

Berita Terkait : Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Kembali Dirawat Di RS Jantung

Selain itu, Mahathir juga telah menjalani operasi jantung quadruple bypass.

Anggota parlemen tertua Malaysia yang telah menjabat perdana menteri selama hampir 24 tahun dalam dua periode terpisah, memimpin Barisan Nasional untuk rekor 22 tahun. Ia kemudian menggulingkan koalisi yang berkuasa lama pada 2018, sebagai pemimpin Pakatan Harapan (PH).

Berita Terkait : Otoritas Johor, Malaysia Larang Warganya Tiktokan Di Tengah Situasi Banjir

Kemenangan bersejarah itu membuat Mahathir yang saat itu berusia 92 tahun, menjadi perdana menteri tertua di dunia. Namun, dia mengundurkan diri di tengah masa jabatannya pada Februari 2020. [HES]