Dark/Light Mode

AS Tegaskan Komitmen Jadi Tuan Rumah APEC 2023

Jumat, 11 Februari 2022 14:52 WIB
Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki (Foto: AFP via Getty Images)
Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki (Foto: AFP via Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS) menegaskan komitmennya untuk menjadi tuan rumah Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada 2023.

Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki menuturkan, hal itu merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintahan Joe Biden, terhadap upaya mendorong perdagangan dan investasi yang adil dan terbuka. Serta meningkatkan daya saing Amerika, dan memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca juga : Sukses Lakukan Efisiensi, Laba Pegadaian Tumbuh 20 Persen

"Presiden Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris menawarkan AS untuk menjadi tuan rumah APEC tahun depan, atas dasar fokus terhadap upaya memperluas dan memperdalam ikatan ekonomi di kawasan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada negara-negara APEC lainnya, yang menyambut baik tawaran AS ini," ujar Psaki dalam keterangannya, Jumat (11/2).

Psaki memastikan, AS menjadi mitra yang kuat dan dapat diandalkan bagi negara-negara APEC dan mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat kita ambil bersama. Demi membuka sebesar-besarnya peluang ekonomi, kesejahteraan, dan pertumbuhan bagi negara-negara APEC. 

Baca juga : Lakukan Efisiensi, Laba Pegadaian Tumbuh 20%

Menurutnya, hal tersebut merupakan prioritas utama bagi pemerintahan Biden-Harris.

"Menteri Perdagangan Raimondo, Kepala United States Trade Representative (USTR) Duta Besar Tai, dan tim kami tengah bekerja dengan para mitra-mitra untuk menciptakan kerangka ekonomi Indo-Pasifik yang akan mendefinisikan tujuan bersama terkait isu-isu yang penting bagi masa depan kita. Termasuk fasilitasi perdagangan, standar ekonomi dan teknologi digital, ketahanan rantai pasokan, dekarbonisasi dan energi bersih, infrastruktur, serta standar pekerja," jelas Psaki.

Baca juga : 5 Tips Jaga Kesehatan Mental Dari Rumah

Menteri Luar Negeri Blinken pekan ini juga berada di kawasan, untuk terus memperkuat hubungan diplomatik kunci dan mendorong prioritas bersama negara-negara APEC.

"Amerika Serikat menantikan bekerja sama secara erat dengan Thailand, tuan rumah APEC 2022. Peru, tuan rumah APEC 2024. Serta semua negara-negara anggota ekonomi APEC, terkait agenda yang bermanfaat bagi semua rakyat kita," pungkas Psaki. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.