Dark/Light Mode

Syaratnya, 70 Persen Warga Dunia Telah Divaksin

WHO: Fase Akut Pandemi Covid Bisa Berakhir Pertengahan Tahun Ini

Sabtu, 12 Februari 2022 20:54 WIB
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: net)
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bos WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus optimis, fase akut pandemi Covid-19 dapat berakhir pada tahun ini, jika 70 persen warga dunia sudah divaksin.

"Kami berharap, fase akut ini bisa berakhir pada pertengahan tahun ini. Sekitar Juni-Juli," kata Tedros kepada wartawan saat mengunjungi Afrigen Biologics and Vaccines yang memproduksi vaksin Covid berbasis mRNA pertama dengan menggunakan sequence Moderna di Afrika Selatan, seperti dikutip AFP, Jumat (11/2).

Baca juga : Pandemi Diprediksi Berakhir Tahun Ini, Mari Kita Aminkan

"Berhasil atau tidak, sepenuhnya di tangan kita. Bukan masalah kesempatan. Tapi, lebih kepada pilihan," imbuhnya.

Vaksin Covid berbasis mRNA pertama di Afrika Selatan akan menjalani uji klinis pada November mendatang, dan dijadwalkan mendapatkan persetujuan pada tahun 2024.

Baca juga : Jokowi: Pandemi Covid Di Indonesia Belum Berakhir

Afrigen merupakan pilot project vaksin Covid mRNA, yang didukung penuh oleh WHO dan Inisiatif Covax.

Cakupan vaksinasi di Afrika yang saat ini baru mencapai 11 persen, diharapkan bisa didongkrak enam kali lipat demi mencapai target 70 persen warga telah disuntik kekebalan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.