Dark/Light Mode

Gunung Etna Batuk-batuk, Muntahkan Wedhus Gembel Setinggi 12 Kilometer

Selasa, 22 Februari 2022 07:47 WIB
Abu vulkanik naik dari kawah tenggara gunung berapi Gunung Etna di Sisilia, Italia, Senin, 21 Februari 2022.(foto Associted Press/Salvatore Cavalli)
Abu vulkanik naik dari kawah tenggara gunung berapi Gunung Etna di Sisilia, Italia, Senin, 21 Februari 2022.(foto Associted Press/Salvatore Cavalli)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah beberapa bulan relatif tenang, Gunung Etna kembali erupsi dengan memuntahkan awan abu vulkanik setinggi 12 kilometer di atas Sisilia timur.

Aliran lava dari letusan Gunung Etna berpusat pada kawah di lereng tenggara, seperti diungkap Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia, dilansir Associated Press, Senin (21/20).

Baca juga : Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Ketinggian Abu Capai 600 Meter

Belum ada laporan tentang korban atau kerusakan harta benda di kota-kota kecil yang mengelilingi lereng Gunung Etna, yang selama ini populer di kalangan pelancong, pemain ski, dan turis lainnya.

Minggu (20/2), Italia mengeluarkan peringatan untuk penerbangan di sekitar wilayah tersebut, terutama saat awan vulkanik membumbung tinggi keluar dari kawah Gunung Etna. Wedhus gembel yang menjulang tinggi terlihat dari belasan kilometer, menjadi pertunjukan mengesankan terbaru dari gunung Etna bulan ini.

Baca juga : Buktikan Bersih, Pacman Beberin Harta Kekayaan

Wedhus gembel dalam bahasa Jawa, wedhus gembel kambing gimbal, yakni kambing yang berbulu seperti rambut gimbal. Kenapa disebut demikian, karena gerakan dari muntahan erupsi gunung bergumpal-gumpal dan berwarna keputihan dan dari jarak jauh tampak seperti bulu wedhus gembel.

Gunung Etna dikenal secara lokal dengan nama Mongibello yang berarti gunung yang indah adalah gunung berapi aktif di pesisir timur Sisilia, dekat Messina dan Catania, Italia. Ketika Gunung Etna meletus akan memberikan pemandangan yang indah karena seperti kembang api raksasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.