Dark/Light Mode

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Ketinggian Abu Capai 600 Meter

Minggu, 6 Februari 2022 12:19 WIB
Gunung Anak Krakatau. (Foto: Ist)
Gunung Anak Krakatau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Anak Krakatau yang terletak di Provinsi Lampung kembali mengalami erupsi sekitar pukul 07.07 WIB, pagi tadi. Ketinggian abu yang timbul akibat erupsi pada pagi tadi mencapai radius 600 meter dari puncak yang mengarah ke timur laut.

"Tadi jam 07.07 terjadi erupsi dengan ketinggian asap 600 meter berwarna kelabu condong ke arah timur laut," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani saat dikonfirmasi, Minggu (6/2)

Baca juga : Gunung Anak Krakatau Erupsi 9 Kali, Hindari Radius 2 Km Dari Kawah Aktif

Berdasarkan informasi yang diterima dari PVMBG, erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 130 detik. Andiani menyebut Gunung Anak Krakatau masih berpotensi erupsi kembali dalam beberapa waktu ke depan.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di dekat Pulau Anak Krakatau. Sebab, dampak dari erupsi menyebabkan material prioplastim dengan radius dua kilometer dari kawah.

Baca juga : Omicron Ngamuk, Keterisian Rumah Sakit Terus Menanjak

"Ancaman dari erupsi ini berupa material piroklastik dengan radius kurang lebih 2 km dari kawah. Sehingga membahayakan apabila masyarakat beraktivitas pada atau di dalam radius tersebut," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.