Dark/Light Mode

Jokowi Diundang Presiden El-Sisi Hadiri COP27 Di Mesir, November 2022

Jumat, 18 Maret 2022 13:49 WIB
Presiden Jokowi (tengah) menerima kunjungan delegasi Mesir, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/3). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (tengah) menerima kunjungan delegasi Mesir, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/3). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir Sameh Shoukry, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/3). Dalam pertemuan tersebut, delegasi Mesir menyampaikan undangan Presiden Abdel Fattah El-Sisi ke Jokowi untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim atau COP27.

“Di dalam pertemuan tadi, Menteri Luar Negeri Mesir menyampaikan surat undangan dari Presiden El-Sisi kepada Bapak Presiden untuk hadir di dalam pertemuan COP27 yang akan dilakukan di Mesir, pada November tahun ini,” ujar Menlu Retno Marsudi, dalam keterangannya selepas mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu, seperti dikutip setkab.go.id.

Dalam pembicaraan tersebut, Jokowi dan delegasi Mesir juga membahas sejumlah hal. Antara lain upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi.

Baca juga : Dukung Presidensi G20, Bank Mandiri Garap Potensi Metaverse

Di bidang perdagangan, kata Retno, angkanya cukup bagus. Bahkan di tengah pandemi pun, pada tahun lalu misalnya, perdagangan kedua negara mengalami kenaikan 57,6 persen dan mencapai 1,86 miliar dolar AS atau setara Rp 26,6 triliun.

“Dengan tren yang makin naik ini, kita optimistis bahwa ke depan kita akan terus dapat meningkatkan kerja sama perdagangan. Tadi Bapak Presiden juga menyampaikan pentingnya kedua belah pihak untuk terus bekerja bersama meningkatkan investasi di kedua negara,” imbuh Retno.

Di samping itu, Jokowi juga menyampaikan mengenai masalah kerja sama di bidang pendidikan. Kepada pemerintah Mesir, Jokowi menitipkan mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir yang jumlahnya sangat banyak.

Baca juga : Presiden Singapura Hadiri Olimpiade Beijing

“Bapak Presiden secara khusus juga menyampaikan permintaan untuk akses yang lebih luas, termasuk untuk bidang pelayanan kesehatan bagi para mahasiswa kita,” lanjutnya.

Retno menambahkan, dalam sejumlah kesempatan, Menteri Luar Negeri Mesir menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Indonesia, terutama di antara negara-negara berkembang. “Kepemimpinan Indonesia ini menjadi sangat penting. Artinya, di tengah situasi global yang sangat banyak tantangannya pada saat ini,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Mesir hadir bersama Duta Besar Mesir untuk Republik Indonesia Ashraf Sultan. Sementara, Jokowi didampingi juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.