Dark/Light Mode

Resmi Sebagai Dubes RI untuk Kanada

Dorong Kerja Sama Ekonomi, Daniel Simanjuntak: Bensin Sudah Penuh Saatnya Gaspol

Jumat, 29 April 2022 22:38 WIB
Dubes RI untuk Kanada Daniel Simanjuntak menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Kanada, Mary Simon, Rabu, 27 April 2022. (Foto KBRI Ottawa)
Dubes RI untuk Kanada Daniel Simanjuntak menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Kanada, Mary Simon, Rabu, 27 April 2022. (Foto KBRI Ottawa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Kanada Daniel Simanjuntak menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credence) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Jenderal Kanada, Mary Simon (27/4).

Penyerahan Surat Kepercayaan merupakan momentum penting seorang Duta Besar sebagai wakil negara karena merupakan refleksi simbolis pengakuan terhadap sang Duta Besar oleh negara penerima.

Baca juga : Kemendagri Jabarkan Keuntungan Penerapan Ekonomi Sirkular Dalam Pengelolaan Sampah

Indonesia dan Kanada memiliki lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Keduanya adalah negara maritim besar sehingga Indonesia dan Kanada perlu terus menjalin kerja sama yang lebih kuat dan lebih strategis di masa depan," ujar Dubes Daniel di beranda Rideau Hall, rumah kediaman Gubernur Jenderal Kanada.

Ditambahkan, beliau akan melanjutkan upaya mendorong kerja sama bilateral Indonesia dan Kanada, dalam berbagai sektor. Antara lain dalam kerangka teknologi mobilitas ramah lingkungan, energi baru terbarukan (EBT) dan penanganan dampak perubahan iklim.

Baca juga : Dubes Kim Kunjungi Kepulauan Riau Demi Genjot Kerja Sama Ekonomi Dan Keamanan

Dubes Daniel juga menyampaikan, dalam kesempatan pembicaraan empat mata seusai upacara penyerahan Surat Kepercayaan, Gubernur Jenderal Simon menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia dalam G20 dan mengharapkan hal tersebut dapat digunakan untuk mendorong peningkatan kerja sama Indonesia dengan Kanada.

Gubernur Jenderal juga menyampaikan optimisme beliau mengenai rencana kemitraan ekonomi Indonesia – Kanada dalam kerangka ICA-CEPA ( Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement). Dengan adanya ICA-CEPA, Kanada diharapkan akan semakin memiliki foot print atau rekam jejak di kawasan Asia Tenggara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.