Dark/Light Mode

Nenek 105 Tahun Juara Lomba Lari 100 Meter

Senin, 27 Juni 2022 09:05 WIB
Nenek Rambai tetap berprestasi di usia senja. (Foto Twitter)
Nenek Rambai tetap berprestasi di usia senja. (Foto Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi nenek Rambai, usia 105 tahun hanya angka. Pasalnya, nenek asal negara bagian Haryana, India, itu masih bersemangat mengikuti lomba lari 100 meter. Dia hanya perlu waktu 45,40 detik untuk menempuh jarak itu.

Catatan itu merupakan rekor baru dalam kejuaraan lari khusus warga lanjut usia, National Open Masters Athletics Championships, di Kota Vadodara, Minggu (20/6). Nenek Rambai memecahkan rekor yang dibuat Maan Kaur, yang mencatatkan waktu 74 detik. Saat itu, Kaur berusia 101 tahun.

Baca juga : Hore, Si Ular Putih Juara Coppa Italia

“Ini luar biasa, dan saya ingin balapan lagi,” ujar Nenek Rambai, dilansir Indiatimes, kemarin. Cucu Nenek Rambai bernama Sharmila mengatakan, sebelum memenangkan lomba itu, neneknya berhasil meraih empat medali emas dalam sebuah kompetisi.

Setelah itu, Nenek Rambai juga berpartisipasi dalam kompetisi atletik di negara bagian Maharashtra dan memenangkan lima medali emas.

Baca juga : Dikontrak 3 Tahun, Thomas Doll Resmi Latih Persija

Di usianya yang sudah lebih dari satu abad, Nenek Rambai masih enerjik. Sharmila mengatakan, rahasianya yakni makanan. Neneknya berhati-hati dengan apa yang dimakan. Nenek Rambai juga mengkonsumsi banyak ghee (mentega India) dan dadih setiap hari serta susu murni, dan sedikit makan nasi.

Nenek Rambai mulai menggeluti olahraga lari pada 2021. Sebelum itu, kata Sharmila, neneknya sama sekali tidak tahu ada kejuaraan atletik untuk warga lansia. Nenek Rambai lahir pada 1917. Saat itu, India masih dijajah Inggris yang dipimpin Raja George V, ayah Ratu Elizabeth II. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.