Dark/Light Mode

Virus Polio Muncul Lagi Di London Setelah 40 Tahun, Booster Digenjot

Rabu, 10 Agustus 2022 22:19 WIB
Tenaga kesehatan memberikan vaksinasi booster anti polio untuk anak di bawah 10 tahun. (Foto Getty Images)
Tenaga kesehatan memberikan vaksinasi booster anti polio untuk anak di bawah 10 tahun. (Foto Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Virus polio menyebar di Ibu Kota Inggris, London, untuk pertama kali sejak 1980an. Vaksinasi dosis penguat anti polio pun digelar bagi anak-anak di bawah 10 tahun.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah mengidentifikasi 116 virus polio dari 19 sampel limbah di London tahun ini setelah mengumumkan temuan virus itu pada Juni lalu.

Baca juga : Antisipasi Lonjakan Kasus, Lestari Ngarep Vaksin Booster Anak Digenjot

"Tingkat dan keragaman genetik virus polio yang ditemukan mengindikasikan penularan terjadi di sejumlah kawasan di London," pernyataan UKHSA, Rabu (10/8).

Belum ada kasus polio yang dilaporkan hingga saat ini. Untuk mencegah kemungkinan wabah, para dokter umum kini mengajak anak-anak berusia 1-9 tahun untuk mendapatkan vaksin penguat (booster), di samping vaksinasi bagi kelompok usia lain yang sudah diumumkan.

Baca juga : Virus Polio Terlacak Di Limbah Pinggiran New York

Tingkat imunisasi di seluruh London rata-rata di bawah 95 persen yang disarankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengendalikan polio.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.