Dark/Light Mode

Mampu Pertemukan Xi Jinping Dan Joe Biden

Jokowi Bikin Indonesia Diperhitungkan Dunia

Selasa, 15 November 2022 07:55 WIB
Presiden Jokowi bersama Presiden AS Joe Biden, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). (Foto: BPMI Sepres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi bersama Presiden AS Joe Biden, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). (Foto: BPMI Sepres/Laily Rachev)

 Sebelumnya 
“Presiden Jokowi telah me­manfaatkan perannya dan di­topang oleh sherpa yang amat handal dalam melihat solusi akan konflik internasional terkini,” kata Dave.

Dave bilang, tujuan awal G20 memang untuk kepentingan ekonomi global. Namun, setiap forum yang memiliki peluang untuk mendorong perdamaian dunia, wajib dimanfaatkan.

“Itulah diplomasi ekonomi dunia. Ini yang menjadi salah satu keberhasilan Indonesia, yang dapat menginisiasi dan menghangatkan kembali hubungan China dan Amerika Serikat,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Baca juga : Berjabat Tangan Erat Dan Umbar Senyum, Xi Jinping Dan Joe Biden Akur Ketemu Di Bali

Menurut Dave, Presiden mampu memanfaatkan peluang dan menjawab kondisi global. Tentu, hal itu ditopang dengan kerja para pembantu Presiden.

“Presiden Jokowi dengan baik memerankan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk melakukan inisiasi agar tercapai perdamaian global,” jelasnya.

Joe Biden dan Xi Jinping bertemu di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, kemarin sore, pukul 17.30 WITA di sela-sela KTT G20 Bali.

Baca juga : Bertemu Presiden Dewan Eropa, Jokowi Bahas Krisis Pangan Dan Energi

“Senang bertemu dengan­mu,” kata Biden kepada Jinping sebelum mereka bergabung dengan pejabat AS dan China, seperti dikutip dari Bloomberg, kemarin.

Keduanya duduk di meja kon­ferensi panjang dengan pajangan bunga di antara mereka.

Pada kesempatan yang sama, Xi Jinping pun menyapa Biden. “Senang bertemu denganmu,” katanya.

Baca juga : Perkuat Digital Presidensi Indonesia, Telkomsel Luncurkan G20 Connect

Pada kesempatan berbeda, Jokowi menjelaskan, setidaknya sudah ada 17 negara yang resmi mengkonfirmasikan hadir secara langsung dalam ajang KTT G20 di Bali.

“Para pemimpin negara-negara G20 akan hadir di puncak Konferensi Tingkat Tinggi ke-17 G20 di Bali pada 15 hingga 16 November” ujarnya.

Jokowi mengatakan, dengan adanya kepastian 17 negara hadir dalam Presidensi G20 tersebut, menjadi kehorma­tan yang sangat besar bagi Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.