Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Serahkan Palu Presidensi, Jokowi Dukung Kesuksesan G20 India 2023

Rabu, 16 November 2022 17:30 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan palu Presidensi G20 kepada PM India Narendra Modi (Foto: Dok. Setkab)
Presiden Jokowi menyerahkan palu Presidensi G20 kepada PM India Narendra Modi (Foto: Dok. Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melewati Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) selama dua hari di Bali, rangkaian G20 di bawah presidensi Indonesia resmi berakhir.

“Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali Indonesia ditutup,” ujar Presiden Jokowi, menutup rangkaian KTT G20, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, Rabu (16/11), seperti dikutip setkab.go.id.

Selanjutnya, Jokowi secara resmi menyerahkan palu Presidensi G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Modi selaku pemegang presidensi 2023. Jokowi meyakini, di bawah kepemimpinan India, G20 akan terus bergerak ke depan untuk mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif.

Baca juga : Pagi Ini, Jokowi Ajak Pemimpin G20 Ke Tahura Bali

"Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari troika tahun depan, Indonesia siap mendukung kesuksesan Presidensi G20 India, dan saya juga meminta kepada semua pimpinan yang hadir untuk mendukung India tahun depan,” seru Jokowi.

Selama dua hari KTT di Bali, Presiden Jokowi bersama para pemimpin G20, organisasi internasional, dan tamu undangan lainnya, telah melakukan berbagai kegiatan.

Pada hari pertama, Jokowi mengawali kegiatan dengan menyambut kedatangan para peserta KTT G20 di Hotel The Apurva Kempinski. Selanjutnya, Jokowi secara resmi membuka KTT G20 dilanjutkan dengan Sesi I yang membahas mengenai kondisi ekonomi global, ketahanan pangan, dan energi.

Baca juga : Sebut Presidensi G20 Kali Ini Terberat, Jokowi Minta Dunia Bekerja Sama

Kemudian, para pemimpin negara G20 dijamu santap siang oleh Jokowi. Pada jamuan tersebut, Jokowi mempersilakan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino menyampaikan sambutan.

Usai makan siang, para delegasi melanjutkan kegiatan KTT. Sesi II ini membahas masalah kesehatan global. Setelah itu, terdapat side event Kemitraan untuk Investasi dan Infrastruktur Global atau Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) G20. Acara hari pertama ditutup dengan jamuan makan malam di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park.

Rangkaian KTT hari kedua di awali dengan peninjauan Taman Hutan Raya Ngurah Rai yang dilanjutkan dengan Sesi III KTT yang membahas mengenai transformasi digital. Acara selanjutnya adalah upacara penutupan dan serah terima presidensi ke India. Di sela KTT, Jokowi juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.