Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Piala Presiden Esports 2022, Coda Hadirkan Program Cek Kesehatan

Sabtu, 12 November 2022 13:20 WIB
*Caption: Direktur Hubungan Eksternal Coda Indonesia Rurie Wuryandari (kiri) bersama Dokter Spesialis Olahraga Andi Kurniawan hadir di booth Coda Indonesia, pada perhelatan Piala Presiden Esports 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (11/11). (Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka)
*Caption: Direktur Hubungan Eksternal Coda Indonesia Rurie Wuryandari (kiri) bersama Dokter Spesialis Olahraga Andi Kurniawan hadir di booth Coda Indonesia, pada perhelatan Piala Presiden Esports 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (11/11). (Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Coda Indonesia mendukung perhelatan Piala Presiden Esports 2022 yang diselenggarakan pada 11-13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Sebagai ekosistem industri game, Coda memberikan pelayanan kesehatan bagi atlet Esports.

"Melalui program ini, Coda Indonesia ingin menegaskan komitmen dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya aspek well-being dalam gaming. Sehingga pemain game, baik atlet profesional maupun pemain amatir lebih sadar akan kesehatan diri mereka saat bermain game,” ungkap Direktur Hubungan Eksternal Coda Indonesia Rurie Wuryandari., dalam keterangannya, Jumat (11/11).

Termasuk pemulihan serta peningkatan performa para atlet Esports, terutama yang mengalami cedera fisik, mata, mental melalui pendekatan holistic atau multidisipliner di klinik kesehatan olahraga.

Baca juga : Dubes Australia Penny Williams Rayakan 40 Tahun Program Pertukaran Pemuda AIYEP

Di penyelenggaraan final Piala Presiden Esports 2022 ini, Coda menghadirkan program cek kesehatan dan edukasi kebugaran bagi pengunjung dan atlet yang hadir.

Selain itu, masyarakat dan para atlet juga diajak memahami pentingnya kesehatan fisik dan mental dalam Esports.Hal ini juga, yang akhirnya membuat Coda Indonesia menghadirkan kembali kampanye #MainSehatBarengCoda bertujuan untuk mengedukasi masyarakat serta mensosialisasikan cara bermain game yang sehat, seimbang, aman, dan produktif.

Bersama dengan dokter spesialis olahraga Andi Kurniawan, Coda Indonesia mencermati trend yang menunjukan adanya peningkatan keluhan sakit dan cedera di antara pemain esports karena adanya kebiasaan salah postur dalam intensitas permainan yang tinggi.

Baca juga : Prabowo Berdoa Jadi Kenyataan

“Sebagai pemain aktif game khususnya game online, penting untuk memperhatikan dan memahami kesehatan fisik serta mental. Saya menyarankan untuk setiap 30-60 menit permainan, gamers sebaiknya beristirahat minimal selama 5 menit," jelas Andi.

Maka lakukan peregangan pada bagian dada, lengan, telapak tangan hingga jari, lanjut dia. Selain itu, perhatikan postur tubuh ketika bermain dan jangan lupa selalu lakukan pemanasan.

"Selain gerakan dan istirahat, pola hidup sehat juga tetap harus diperhatikan mulai dari olahraga hingga pola makan seimbang," tegasnya.

Baca juga : Perkuat Digital Presidensi Indonesia, Telkomsel Luncurkan G20 Connect

Sejak diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi pada 2018, pertumbuhan ekosistem E-sports di Indonesia terus menunjukan angka positif termasuk bagi ekonomi kreatif.

Hal ini tercermin berdasarkan data dari tim Kajian Kemenparekraf pada 2021 yang mencatat Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) dari subsektor aplikasi dan game naik 9,17 persen, dengan proyeksi (nilai) mencapai Rp31,25 triliun.

Pertumbuhan tersebut turut mendorong pemerintah memberikan perhatian khusus dengan memberikan kontribusi lebih besar, salah satunya melalui ajang berskala nasional yaitu Piala Presiden Esports 2022 untuk cabang olahraga Esports. Tahun ini menjadi tahun keempat perhelatan Piala Presiden Esports 2022 diselenggarakan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.