Dark/Light Mode

Sambut HUT RI Ke-74, Bule Belanda Gowes Bareng di Leiden

Selasa, 6 Agustus 2019 15:28 WIB
Inilah peserta gowes santai rute Den Haag - Leiden, Belanda,menyambut HUT RI ke-74, Minggu (4/8). (Foto: KBRI Den Haag)
Inilah peserta gowes santai rute Den Haag - Leiden, Belanda,menyambut HUT RI ke-74, Minggu (4/8). (Foto: KBRI Den Haag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rangkaian kegiatan menyambut HUT Indonesia ke-74 di Belanda, berlangsung meriah dan penuh keakraban. Perayaan yang diisi berbagai lomba dan bersepeda atau gowes santai ini, tidak hanya diikuti warga Indonesia yang berada di Negeri Kincir Angin saja. Sejumlah warga Belanda yang tergabung dalam Friends of Indonesia, juga ikut meramaikan kegiatan yang diadakan di Leiden, 4 Agustus lalu.

Kegiatan diawali dengan bersepeda santai dari Kota Den Haag menuju Kota Leiden, yang berjarak 15 km. Acara dilanjutkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba balap karung, tarik tambang, sepeda lambat, twister, dan bakiak.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja mengatakan, kegiatan ini merupakan acara rakyat yang bertujuan untuk menciptakan dan mempererat suasana keakraban, persahabatan dan persatuan sesama warga negara Indonesia, dan Friends of Indonesia di Belanda.

Baca juga : Pertamina Gandeng Komunitas Otomotif Gelar Napak Tilas 

"Antusiasme warga negara Indonesia dan Friends of Indonesia di Belanda dalam mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan, membuktikan bahwa mereka selalu merindukan Tanah Air dan Merah Putih tetap berkibar dalam jiwa dan raga mereka. Meski tinggal jauh di sini," tegas Dubes Puja.

Lambertus Turk, salah satu warga Belanda yang berasal dari Den Haag mengatakan, program Gowes to Leiden merupakan acara yang sangat menarik dan berkesan. Apalagi, didukung cuaca yang sangat cerah. Dia mengaku sangat menikmati kebersamaan dengan masyarakat Indonesia dan keluarga besar KBRI Den Haag. Lambertua berharap bisa berlanjut untuk waktu-waktu mendatang.

"2017 lalu saya ikut berpartisipasi untuk pertama kalinya. Tahun ini, saya kembali di sini untuk acara yang sama dengan suasana yang lebih menyenangkan. Tentunya, tahun depan saya tidak akan melewatkan kegiatan yang menarik ini begitu saja. Saya pasti ikut lagi!!" ujar Lambertus antusias.

Baca juga : DJ Terkenal Belanda Promosi Batik di Amsterdam

Sementara itu, René Westerhoff, warga Belanda yang berasal Schiedam yang jauh dari kota Den Haag menyampaikan bahwa pada saat dirinya mendengar akan ada acara sepeda bersama dan perlombaan yang akan diadakan KBRI Den Haag.

Dia sangat penasaran mengenai acara tersebut. Apalagi bersepeda adalah olah raga favoritnya. Meskipun kereta menuju Den Haag mengalami gangguan, namun tidak menghalangi niatnya untuk mengikuti acara. Sebelumnya,.René menceritakan pernah beberapa kali mengikuti acara bersepeda bersama. Namun, lacara yang diadakan oleh KBRI Den Haag sangat berbeda dan berkesan, Terutama, sesi perlombaan sepeda lambat. Semua orang terlihat antusias dan semangat untuk menjadi pemenang.

Pengalaman ini merupakan momen indah dan belum pernah didapatkan di kegiatan lainnya.

Baca juga : Sambut Jemaah Haji Indonesia, Pangeran Saudi Diciumin

"Setelah bersepeda, saya juga mengikuti semua lomba rakyat yang diadakan KBRI Den Haag, seperti lomba bakiak, tarik tambang, balap karung dan sepeda lambat. Beruntungnya saya hari ini karena keluar sebagi juara pertama sepeda lambat. Selama perlombaan, saya sangat terkesan dengan suasana kekeluargaan, keakraban dan gelak tawa yang mewarnai perlombaan" ujar René.

Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 5 sore waktu Belanda tersebut, ditutup dengan berkeliling danau, menggunakan kereta api tua yang masih terawat dengan rapi.

Ratusan masyarakat Indonesia dan Friends of Indonesia yang menjadi peserta acara, juga dapat merasakan suasana hangat di pinggir danau Kota Leiden, sambil menikmati aneka hidangan kuliner dan minuman nusantara yang disiapkan panitia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.