Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Kerja Sama, RI dan Jepang Berhasil Hadapi Tantangan Global Selama Pandemi

Selasa, 27 Desember 2022 14:59 WIB
Dubes Heri Akhmadi bersama Menteri Luar Negeri Jepang, Hayashi Yoshimasa dalam Resepsi Diplomatik HUT ke-77 RI di Wisma Duta KBRI Tokyo Kamis (27/10). Foto KBRI Tokyo.
Dubes Heri Akhmadi bersama Menteri Luar Negeri Jepang, Hayashi Yoshimasa dalam Resepsi Diplomatik HUT ke-77 RI di Wisma Duta KBRI Tokyo Kamis (27/10). Foto KBRI Tokyo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah situasi dunia yang penuh tantangan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo sepanjang 2022 terus memperkuat kerja sama Indonesia – Jepang, khususnya dalam peningkatan investasi, perdagangan, promosi seni, budaya, dan pariwisata serta people-to-people contact dalam berbagai sektor yang dikemas melalui rangkaian kegiatan Indonesia Friendship Day (IFD) 2022 di lebih dari 11 kota di Jepang, dari Hokkaido hingga Okinawa.

Kerja sama tersebut difokuskan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, penguatan kerja sama penanggulangan pandemi, pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan kemitraan di forum regional dan multilateral, serta penguatan infrastruktur diplomasi.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi mengatakan, sinergi Indonesia – Jepang adalah kunci utama dalam menghadapi berbagai tantangan global di 2022.

“Sebagai mitra strategis, kedua negara selalu memperkuat kerja sama di berbagai bidang, tidak hanya ekonomi dan politik, namun juga sosial budaya, dan pelindungan Warga Negara Indonesia,” ujar Heri dalam keterangannya, Selasa (27/12). 

Baca juga : Bamsoet Ajak Elemen Bangsa Bersama Atasi Tantangan di 2023

Intensitas peningkatan kerja sama juga tercermin di bidang pertahanan melalui partisipasi Japan Ground Self Defense Force untuk pertama kalinya dalam latihan bersama “Multilateral Super Garuda Shield 2022” yang diselenggarakan pada Agustus 2022 di Indonesia. 

Sebagai tindak lanjut kunjungan kerja Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida ke Indonesia pada 29-30 April 2022, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada 27 Juli 2022. 

Selain kunjungan tingkat Kepala Negara, Wakil Presiden RI juga menghadiri rangkaian kegiatan Pemakaman Kenegaraan bagi mantan PM Jepang, Abe Shinzo, pada 27 September 2022. Beragam kunjungan tingkat tinggi ini merefleksikan intensitas kerja sama yang tinggi dan kedekatan hubungan bilateral antara kedua negara. 

Kerja sama bidang ekonomi Indonesia – Jepang secara kumulatif dari 2016 hingga kuartal 3 (Q3) 2022 mencapai USD 27,28 miliar.Investasi Jepang utamanya berasal dari sektor industri kendaraan bermotor; listrik-gas-air, perumahan, perkantoran dan kawasan industri; serta industri kimia dan farmasi.

Baca juga : Indra Karya Garap Bendungan Kering Pertama Di Indonesia

Komitmen investasi Jepang di Indonesia juga semakin diperkuat saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Jepang pada 27 – 28 Juli 2022. Sejumlah Pimpinan perusahaan Jepang yang diundang dalam pertemuan the Japan CEO Meeting dengan Presiden RI berkomitmen menanamkan investasi senilai lebih dari Rp 85 Triliun. 

“Saya optimistis iklim investasi Indonesia tumbuh positif di tengah masa pemulihan pasca pandemi,” tambah Dubes Heri.

Sedangkan total perdagangan bilateral Indonesia–Jepang pada Januari–Oktober 2022 telah mencapai US$ 34,79 miliar, meningkat 33,35% dari periode yang sama tahun 2021. Pada tahun ini pun, Indonesia mencatatkan surplus perdagangan tertinggi dengan Jepang, yakni mencapai US$ 6,3 miliar, atau melonjak 158,5% dari nilai surplus pada tahun 2021. 

Sepanjang 2022, KBRI Tokyo terus mendorong produk pertanian Indonesia, termasuk komoditas buah tropis Indonesia untuk dapat masuk ke pasar Jepang. 

Baca juga : Stok Batubara Aman, PLN Pastikan Operasional PLTU Suralaya Selama Libur Nataru

Terkait bidang infrastruktur, berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) kerja sama dengan Jepang seperti MRT Fase 2, proyek Proving Ground di Bekasi dan Pelabuhan Patimban terus berlangsung on track dan akan menjadi proyek milestone dalam kerja sama ekonomi Indonesia – Jepang.
 
Dalam pembangunan Ibu kota Negara (IKN) Nusantara, KBRI Tokyo proaktif mensosialisasikan berbagai peluang investasi kepada kalangan bisnis Jepang, khususnya terkait pembangunan IKN yang berorientasi pada konsep forest city.■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.