Dark/Light Mode

Hadapi Ancaman Korut

Korsel Ajak Amerika Latihan Pake Nuklir

Selasa, 3 Januari 2023 06:15 WIB
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (kiri) berupaya menghadapi tantangan Pemimpin  Korea Utara Kim Jong-un. (Foto Nikkei Asia/Reuters)
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (kiri) berupaya menghadapi tantangan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto Nikkei Asia/Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat di awal tahun 2023. Korea Selatan (Korsel) mempertimbangkan latihan militer bersama Amerika Serikat (AS) akan melibatkan kekuatan nuklir.

Pemikiran itu diungkapkan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, usai Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menginginkan negaranya meningkatkan kapasitas nuklir, sambil menyebut Korsel sebagai musuh.

Baca juga : Skuad Macan Kemayoran Kembali Latihan 4 Januari

Diberitakan Bloomberg, mengutip Chosun Ilbo, kemarin, Yoon mengatakan, Korut akan terus menggelar provokasi rudal dan nuklir. Karena itu, militer Korsel harus meresponsnya dengan pembalasan yang tegas.

Menurut Yoon, gagasan AS untuk menyediakan payung nuklir atau penangkal dalam jangka panjang bagi Korsel, tidaklah cukup meyakinkan publik Negeri Ginseng itu. Pasalnya, di masa lalu, kata Yoon, konsep payung nuklir dimaksudkan sebagai persiapan untuk melawan Uni Soviet dan China sebelum Korut mengembangkan senjata nuklir.

Baca juga : Amankan Nataru, Pemerintah Jamin Pasokan Energi Wisata

Dalam upaya perluasan pencegahan efektif, Korsel sedang dalam pembicaraan dengan Ameriļæ¾ka mengenai konsep perencanaan dan latihan bersama dalam hal kemampuan nuklir. Dan AS cukup positif tentang hal itu.

"Pemerintah Amerika Serikat memahami kekhawatiran Pemerintah Korsel,” ucap Yoon.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Live KPU