Dark/Light Mode

Pagi Ini, Jakarta Ranking Dua Kota Paling Berpolusi Sedunia

Kamis, 15 Agustus 2019 07:30 WIB
Lima besar kota paling berpolusi sedunia versi airvisual.com. (Foto: Istimewa)
Lima besar kota paling berpolusi sedunia versi airvisual.com. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kualitas udara Jakarta pada Kamis (15/8) pukul 06.58 WIB, masih belum beranjak dari zona Merah alias tidak sehat.

Dengan indeks kualitas udara US AQ 157 dan konsentrasi PM 2,5 sebesar 66,3 mikrogram per meter kubik, Jakarta menyandang predikat ranking dua kota paling berpolusi sedunia setelah Hanoi, versi situs pemantau kualitas udara www.airvisual.com.

Baca juga : Pagi Ini, Bandara Hong Kong Kembali Dibuka

Ibu Kota Vietnam itu tercatat memiliki indeks kualitas udara US AQ 165, dengan konsentrasi PM 2,5 sebesar 83,6 mikrogram per meter kubik.

Menurut catatan US Environmental Protection Agency, indeks kualitas udara tak sehat yang berada di rentang angka 151-200 dan level PM 2,5 antara 55,5-150,4 memiliki sejumlah efek kesehatan. Antara lain dapat menyebabkan peningkatan signifikan terhadap memburuknya penyakit jantung, paru-paru, kematian dini penderita kardiopulmoner, dan meningkatnya risiko pernapasan populasi umum.

Baca juga : Kota Paling Berpolusi Sedunia, Jakarta Ranking Satu Lagi

Di bawah Hanoi dan Jakarta, tiga kota metropolitan dunia lain yang tercatat masuk dalam peringkat lima besar kota paling berpolusi sedunia adalah Kuwait City (Kuwait) dengan indeks US AQ 148, Dubai (Uni Emirat Arab) 133, dan Shanghai (China) 117. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.